Temuan Studi, Minum Kopi Turunkan Risiko Asam Urat bagi Perempuan
Ilustrasi minum kopi. (Unsplash/Freestocks)

Bagikan:

DENPASAR – Minum kopi tak hanya bisa meningkatkan kapasitas energi fisik namun juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit asam urat.

Perlu diketahui, asam urat merupakan penyakit umum kronis akibat penumpukan asam urat dalam darah yang membentuk kristal asam di dalam persendian. Penderita asam urat misa mengalami rasa nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di sekitar area persendian.

Naiknya kadar asam urat dalam darah bisa disebabkan oleh makanan tinggi purin, seperti udang, kepiting, daging, dan organ daging.

Penjelasan minum kopi bisa turunkan risiko penyakit asam urat

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition dikatakan bahwa perempuan yang mengonsumsi kopi dalam jangka waktu lama, bisa terhindar dari penyakit asam urat.

Selama 26 tahun, peneliti mendapatkan 896 data kasus asam urat. Data tersebut menunjukkan bahwa penyakit asam urat banyak dialami perempuan pada usia semakin menua hingga lebih dari 70 tahun. Di sisi lain, peneliti menemukan bahwa konsumsi kopi bermanfaat mengurangi konsentrasi asam urat serum dan memengaruhi resistensi insulin. Kafein potensial bersifat seperti allopurinol, obat penurun asam urat.

Asupan kopi jangka panjang, menurut penelitian tersebut di atas, berkaitan dengan konsentrasi insulin yang lebih rendah, peningkatan sensitivitas insulin, dan mengurangi ekskresi urat ginjal. Manfaat kafein ini berperan signifikan karena hormon perempuan pada konsentrasi asam urat serum memengaruhi metabolisme asam urat.

Perempuan yang mengonsumsi 1 hingga 3 cangkir kopi per hari menurunkan risiko asam urat sebesar 22 persen dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Sedangkan jika mengonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi per hari mengalami penurunan 57 persen risiko terkena asam urat.

Namun, minum kopi perlu dibatasi sebab bisa mengundang risiko masalah kesehatan lainnya. Meskipun bermanfaat, lakukan cara minum kopi yang sehat. Seperti hindari minum kopi menjelang jam tidur malam, minum kopi dengan gula, batasi maksimal minum kopi 4 cangkir sehari, dan minimalisir memakai krimer. Untuk menyesap kenikmatan kopi, pilih biji kopi terbaik Nusantara baik robusta maupun arabika.

Kopi, selain berpotensi menurunkan risiko asam urat pada perempuan, juga berkaitan dengan kardiovaskular.

Dikutip dari Medical News Today, sebuah tinjauan yang dilakukan tahun 2014, minum kopi 3-5 cangkir kopi per hari, juga membuat seseorang wanita terhindar dari penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menurut Studi, Perempuan yang Minum Kopi Berpotensi Turunkan Risiko Penyakit Asam Urat.

Selain informasi soal minum kopi bisa turunkan risiko asam urat, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!