Menkes Budi Gunadi: Vaksin Merah Putih Punya Kesempatan Digunakan pada 2021
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Dok. Setkab).

Bagikan:

DENPASAR – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin berharap vaksin Merah Putih yang dibuat oleh putra putri terbaik bangsa Indonesia, dapat digunakan pada 2021.

"Jadi ada enam kandidat vaksin yang akan dijadikan Vaksin Merah Putih, di mana dua di antaranya setelah diproduksi memiliki kesempatan digunakan pada 2021," ujar Menkes Budi Gunadi, dikutip VOI dari Antara, Jumat, 16 April 2021.

Menkes akui sedikit terlambat

Menurut mengakui hal ini memang sedikit terlambat memulainya, namun sudah mendapat perhatian khusus dengan membentuk sebuah tim.

"Tim ini nantinya diketuai oleh Menristek dan Menkes sebagai wakilnya," ujarnya.

Dia mengatakan, ketersediaan vaksin COVID-19 sangat kritikal dan sangat menentukan kebijakan negara masing-masing.

"Kini hanya ada lima negara yang memproduksi vaksin, jika salah satunya tidak mau memberikan vaksinnya maka akan kesulitan," katanya.

Dia menambahkan untuk itu pihaknya mendorong supaya pembuatan Vaksin Merah Putih ini lebih cepat dilakukan, di mana alokasi anggarannya sudah diberikan tahun ini.

"Maka harus dilakukan penelitian lebih cepat, sehingga produksinya juga semakin cepat dan pada 2021 salah satu kandidat Vaksin Merah Putih sudah bisa digunakan," sambung Menkes Budi Gunadi.