Kunjungan Wisatawan Domestik di Bali Capai 22 Ribu Orang per Hari
ILUSTRASI/Pecatu Kuta Selatan Badung Bali/UNSPLASH-Sebastian P

Bagikan:

DENPASAR – Jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke Bali mencapai 22 ribu orang per hari.

Informasi ini disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Budaya dan Lingkungan dan Humas Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel Indonesia (PHRI), I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya.

"Saat ini sudah ada peningkatan wisatawan yang datang ke Bali dari pasar domestik, jumlahnya sudah mencapai 22 ribu per hari. Terdiri dari 12 ribu melalui udara dan 10 ribu darat. Usaha hati-hati yang dilakukan Pemprov Bali adalah dalam rangka tujuan yang lebih besar, yaitu menjaga citra Bali dan Indonesia di mata dunia terlebih dalam rangka G20 2022," kata Suryawijaya, dikutip VOI BALI, Rabu, 15 Desember.

Perlu dukungan semua pihak

Suryawijaya mengatakan upaya pemerintah untuk kembali membangkitkan pariwisata Bali harus didukung semua pihak.

“Jangan melakukan kegiatan yang bisa merusak citra Bali di mata dunia," imbuhnya.

Dalam rapat PHRI kali ini, dibahas rancangan usulan mengenai tingkat kunjungan turis asing yang masih nol. Usulan bakal disampaikan ke Pemprov Bali untuk diteruskan ke pemerintah pusat.

"Kita harus berbuat, tidak boleh diam. Kita, harus satu suara dalam menyampaikan usulan ke pusat, tapi yang kita suarakan adalah suara perdamaian," katanya.

Bagi Suryawijaya, Pemprov Bali sudah berbuat banyak guna mempercepat pemulihan pariwisata Bali salah satunya vaksinasi.  Sementara saat ini sedang dirumuskan langkah-langkah mempermudah turis asing masuk ke Bali.

"Kita harus dukung dan kita harus kerjakan yang terbaik untuk menjaga kenyamanan dan kondusifitas Bali," kata dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun mengatakan Pemprov Bali selalu bekerja bersama pelaku industri pariwisata. Nantinya akan dibahas mengenai kemudahan bagi turis asing masuk ke Bali

"Ada tiga hal yang dirasa menjadi kendala bagi wisatawan masuk ke Bali adalah kebijakan visa, aturan karantina dan syarat penerbangan langsung. Hal ini yang harus di bicarakan baik-baik dengan pemerintah pusat agar didapat solusi yang menguntungkan semua pihak," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Cok Raka Darmawan. Dia berharap selama Natal dan Tahun Baru tidak terjadi pembatasan.

"Saat ini Badung fokus benahi destinasi wisata. Tahun 2021 ini Badung menetapkan 6 desa wisata juga saat ini sedang menyiapkan untuk penataan Pantai Kuta, Tanjung Benoa, dan Legian," ujarnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul PHRI: Wisatawan Domestik yang Datang ke Bali Capai 22 Ribu per Hari.

Selain informasi soal kunjungan wisatawan domestik ke Bali, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!