Satgas BLBI Pungut Rp150 Miliar dari Kantong Sjamsul Nursalim
Menkopolhukam Mahfud MD/Antara

Bagikan:

DENPASAR – Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) berhasil memungut Rp150 miliar dari salah satu obligor BLBI, Sjamsul Nursalim.

Informasi ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Sjamsul Nursalim cicil kewajibannya sebagai obligor BLBI

Mahfud mengatakan, Sjamsul Nursalim mencicil kewajibannya sebagai obligor BLBI dengan membayar sebagian utangnya ke negara.

"Obligor Sjamsul Nursalim, Bank Dewa Rutji pada tanggal 11, 17, dan 18 November telah melakukan pembayaran sebagian kewajibannya dengan nilai Rp150 miliar termasuk biaya administrasi pengurusan piutang negara sebesar 10 persen," kata Mahfud dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Kemenko Polhukam RI, dikutip VOI, Senin, 22 November.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan Satgas BLBI telah menerima tanah dengan luas sekitar 100 hektare di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Mahfud mengatakan, penyerahan ini merupakan bentuk bagian pelunasan kewajiban dari debitur PT Lucky Star Navigation Corp.

Selanjutnya, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengatakan, satgas yang telah dibentuk akan berupaya melakukan pengembalian uang negara dengan melakukan penyitaan barang jaminan dan aset obligor. Selain itu, aset diperoleh satgas akan diupayakan untuk dikelola dengan baik salah satunya dengan melelang aset properti yang telah dikuasai secara fisik.

Adapun aset yang akan dilelang itu berada di Blok B Taman Buah Perumahan Lippo Karawaci, Kelapa Dua, Tangerang dengan luas 37.779 meter per segi.

"Pemerintah melalui Satgas BLBI terus menerus mengingatkan para obligor dan debitur untuk memenuhi kewajibannya dengan melunasi utang kepada negara," ungkap Mahfud.

"Kami juga mengapresiasi sejumlah obligor dan debitur yang sudah memenuhi panggilan Satgas BLBI dan menyatakan akan melunasi utangnya juga kepada obligor dan debitur yang sudah menunjukkan iktikad baiknya dengan melakukan pembayaran sebagian dari kewajibannya," pungkas Mahfud.

Artikel ini telah tayang dengan judul Satgas BLBI Terima Rp150 Miliar dari Sjamsul Nursalim.

Selain informasi soal Satgas BLBI pungut Rp150 miliar dari Sjamsul Nursalim, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di bali.voi.id. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!