Viral Video Suporter Liga Jerman Kenakan Jersey Kuning Bentuk Formasi Rasulullah saat Maulid Nabi, Seperti Apa Faktanya?
Tangkap layar akun Facebook Essy (DOK Turnbackhoax)

Bagikan:

DENPASAR – Baru-baru ini, video yang memperlihatkan supporter sepak bola mengenakan jersey berwarna kuning di bagian tribun penonton membentuk tulisan ‘Ya Habibi Ya Rasulullah’ viral di media sosial.

Video tersebut dibagikan oleh akun Facebook bernama @Essy. Dia menuliskan narasi "Suporter liga jermaan sekaligus memperingati lahirnya sang manusia agung Maulid Nabi Muhammad saw, Membentuk formasi ya habibi Ya Rasulallah…Masyaallah,” dikutip daari laman turnbackhoax, Kamis, 21 Oktober.

Lantas, benarkah informasi tersebut?

Berdasarkan penelusuran, video tersebut merupakan konten keliru yang kembali beredar. Faktanya, video tersebut memang benar dilakukan oleh supporter sepak bola namun bukan tim liga Jerman melainkan tim liga Arab Saudi bernama Al Ittihad FC.

Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube, terlihat puluhan ribu suporter Al Ittihad meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad. Mereka kompak menyanyikan lagu terkenal ‘Tala Al Badru’ Alayna’ yang konon dinyanyikan Sahabat Nabi saat kedatangan Nabi Muhammad ke Madinah dari Makkah.

"Selain itu para fans juga melakukan koreografi membentuk tulisan حبيبي يا رسول الله   yang berarti ‘Oh Rasulullah, kekasihku’ dengan warna kuning dan hitam sesuai dengan warna klub kesayangan mereka," demikian laporan turnbackhoax.

Fans Al Ittihad melakukan aksi ini di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, 20 Februari 2015 lalu. Saat itu Al Ittihad tengah menghadapi Al Shoalah pada laga lanjutan Liga Arab Saudi. Pada laga tersebut, Al Ittihad berhasil menang 3-2 meski sempat tertinggal lebih dulu.

Informasi salah ini juga sudah pernah diverifikasi sebelumnya oleh website turnbackhoax.id pada 8 september 2019 dengan judul “[SALAH] “penonton Liga Jerman membuat ‘konfigurasi menghormati Rasulullah”.

"Dengan demikian video ini masuk konten yang salah," tulis turnbackhoax.

Artikel ini telah tayang dengan judul Heboh Suporter liga Jerman Kenakan Jersei Kuning Bentuk Formasi Rasulullah Saat Maulid Nabi, Benarkah?

Selain informasi soal supporter liga Jerman kenakan jersey kuning bentuk formasi Rasulullah, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!