Respon Novel Baswedan setelah Dituding Lindungi Anies Baswedan
Novel Baswedan. (Wardhany Tsa Tsia/VOI).

Bagikan:

DENPASAR – Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Novel Baswedan menjawab tudingan terhadap dirinya yang disebut kerap memberikan perlindungan kepada sepupunya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Isu Novel melindungi Anies terdengar di tengah pengusutan dugaan korupsi pengadaan tanah Munjul, Pondok Ranggon, Jakarta Timur di mana eks Dirut Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory Corneles ditetapkan sebagai tersangka.

Novel Baswedan tegaskan tak pernah lindungi Anies

Terkait hal ini, Novel Baswedan menegaskan, dirinya tidak pernah berupaya melindungi Anies.

"Di KPK tidak biasa dengan intervensi-intervensi begitu. Sehingga tidak mungkin terjadi," kata Novel dalam cuplikan wawancara di acara Mata Najwa yang dikutip Jumat, 24 September.

Lagipula, hal semacam ini tak bisa dilakukan karena tiap satuan tugas penanganan kasus punya tugas sendiri-sendiri. Sehingga, mereka tak akan saling tahu apa yang sedang dikerjakan.

"KPK itu ada pembagian tugas. Di penyidikan pun ada pembagiannya yang masing-masing itu tidak saling mengetahui kasus yang ditangani satu sama lain," tegas Novel yang masuk dalam 57 pegawai yang akan diberhentikan pada akhir September nanti.

Lebih lanjut, ia mengatakan perlindungan seperti yang ditudingkan banyak orang itu juga tak mungkin terjadi karena integritas yang selalu dipegangnya. Apalagi, Novel merasa tak punya kepentingan apapun untuk melindungi Anies.

Tak hanya itu, Novel memastikan siapapun yang terlibat maupun perlu diperiksa dalam suatu penanganan kasus korupsi oleh KPK tentu akan diperiksa. "Kalau pun enggak diperiksa tapi di sidang kan orang akan tahu. Kan (sidang, red) terbuka," ujarnya.

"Jadi kalau ada orang yang ingin menutupi di proses penyidikan dengan cara-cara yang seperti itu percuma. Karena di penyidikan semua akan terbuka dengan jelas," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kerap Dituding Lindungi Anies Baswedan, Novel Baswedan: Di KPK Tak Biasa Intervensi Begitu.

Selain informasi soal respom Novel Baswedan setelah dituding Lindungi Anies Baswedan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!