Duka Yasona untuk Korban Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (Antara).

Bagikan:

JAKARTA – Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten merengut banyak korban jiwa. Sedikitnya 41 narapida (napi) tewas dalam kejadian tersebut.

"Data yang saya peroleh menyebutkan ada 41 orang yang meninggal akibat kebakaran ini. Salah satu korban meninggal adalah warga binaan kasus terorisme, satu tindak pidana pembunuhan, sementara lainnya narkoba,” kata Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly keterangan tertulisnya, Rabu, 8 September.

Dua WNA ikut jadi korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang

Yasonna menyebut, ada dua warga negara asing yang turut menjadi korban dalam kebakaran Lapas Kelas I Tangerang. Keduanya merupakan warga binaan yang berpaspor Afrika Selatan dan Portugal.

“Dua di antara korban meninggal merupakan warga negara asing dari Afrika Selatan dan Portugal," ucap Yasonna.

Atas kejadian ini, Yasonna kemudian menginstruksikan jajarannya untuk fokus mengevakuasi dan memulihkan warga binaan di lapas tersebut.

Yasonna sampaikan duka mendalam

Selain itu, Yasonna juga menyampaikan rasa duka yang mendalam atas tewasnya 41 orang dalam peristiwa kebakaran yang terjadi dini hari tadi.

"Rasa duka mendalam saya sampaikan atas jatuhnya korban dalam kebakaran ini," ungkap politikus PDI Perjuangan tersebut.

"Saya sudah menginstruksikan jajaran untuk secepatnya melakukan evakuasi dan fokus memberikan penanganan terbaik untuk memulihkan korban luka. Ini musibah yang memprihatinkan bagi kita semua," imbuh Yasonna.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan pihak terkait untuk mencari penyebab kebakaran tersebut. Selain itu, Kemenkumham akan berupaya mencari formulasi yang tepat mencegahhal fatal terjadi jika ada kebakaran di lapas.

"Tentu saja kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk menyelidiki sebab-sebab kebakaran dan tentu saja memformulasikan strategi pencegahan agar musibah berat seperti ini tidak terjadi lagi," ujar Yasonna.

Sebelumnya, musibah kebakaran terjadi di Lapas Kelas I Tangerang, Banten, pada Rabu, 8 September dini hari. Dugaan awal, peristiwa ini terjadi karena korsleting listrik dan api berkobar kurang lebih dua jam.

Kebakaran ini mengakibatkan 41 orang warga binaan meninggal dunia dan ada juga yang mengalami luka. Korban luka saat ini sudah dibawa ke RSUD Tangerang untuk menjalani perawatan dan mendapatkan pengobatan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dua WNA Ikut Jadi Korban Kebakaran Lapas Tangerang, Menkumham Yasonna: Saya Sampaikan Duka Mendalam.

Selain informasi soal kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!