Mahfud MD Sebut Pemerintah Bakal Tindak Tegas Terorisme dan Radikalisme
Menko Polhukam Mahfud MD. (Dok. Humas Kementerian).

Bagikan:

DENPASAR – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan bahwa pemerintah akan secara tegas menindak terorisme dan radikalisme.

Pernyataan tersebut disampaikan Mahfud dalam Silaturahmi Menko Polhukam, Menteri Agama, dan Kepala BNPB dengan Pengasuh Pondok Pesantren, Organisasi Keagamaan, dan pimpinan lintas agama se-Provinsi Jawa Timur, Selasa malam, Selasa, 31 Agustus.

Saat itu, dia menjawab pernyataan pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah Sumenep Madura, KH Moh. Hosnan Annafi' yang minta pemerintah bersikap tegas tangani potensi terorisme dan radikalisme di Tanah Air terutama setelah kependudukan Taliban di Afghanistan.

Ketegasan ini, kata Hosnan, perlu dilakukan apalagi pemerintah tengah fokus menangani pandemi COVID-19.

"Pemerintah akan tegas menangani dan menindak tindakan terorisme dan radikalisme, apakah itu Taliban atau bukan," kata Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 1 September.

Dia mengatakan dialog tersebut memang tak akan mendiskusikan apakah Taliban masuk kelompok terorisme atau bukan. Namun, Mahfud mengakui gejolak yang terjadi Afghanistan memang sempat menghangat di Indonesia.

Pemerintah buru pelaku tindak pidana terorisme

Hanya saja, eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu memastikan pelaku tindak terorisme atau siapapun yang mengganggu ketentraman masyarakat akan diburu sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Memang ketika mulai terjadi nego-nego antara Taliban dengan pemerintah Afghanistan yang mulai terkepung waktu itu, di Indonesia agak hangat-hangat juga. Oleh sebab itu, aparat terus mengejar dan menangkap sejumlah orang, karena mulai melakukan langkah-langkah awal untuk melakukan tindakan terorisme di berbagai tempat," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mahfud MD: Terorisme dan Radikalisme akan Ditindak Tegas.

Selain informasi soal pemerintah bakal tindak tegas terorisme dan radikalisme, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!