Bahaya Varian Baru Virus Corona dari Inggris, Afsel & India Menurut Kemenkes
Ilustrasi. (Freepik).

Bagikan:

DENPASAR – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membeberkan bahaya varian baru virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dari Inggris dengan kode B117, B1617 dari India dan B1351 dari Afrika Selatan (Afsel).

Bahaya varian baru Corona tersebut perlu diketahui oleh masyarakat, sebab Kemenkes menduga sudah ada transmisi lokal penularan varian baru COVID-19 Afsel maupun India, mengingat kasusnya sudah ditemukan di Indonesia sejak Januari hingga April 2021.

Bahaya varian baru COVID-19 B117, B1617, dan B1351

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi membeberkan seberapa bahaya ketiga varian baru virus corona tersebut.

Untuk varian baru COVID-19 dari Inggris dengan kode B117 dan varian Afsel B1351, keduanya diketahui masuk dalam golongan Variant of Concern (VoC) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Corona B117 menyebabkan penularan yang lebih cepat artinya berpotensi menjadi superspreader, mempengaruhi tingkat keparahan penyakit, gejala orang yang terinfeksi dari tingkat ringan ke parah, dan berujung pada kematian," terang Nadia dalam konferensi pers di YouTube, dikutip VOI, Sabtu 8 Mei 2021.

"Sedangkan B1351 itu diduga menyebabkan efektivitas vaksin di Afsel. Kalaupun memang dugaan penurunan efektivitas vaksin ini terjadi, tapi vaksin masih memberikan dampak positif dalam penanganan COVID-19," sambungnya.

Akan tetapi, untuk varian Corona baru India B1617 masih belum bisa diidentifikasi tingkat penularan hingga fatal tidaknya pasien yang terinfeksi varian ini. Berbeda dengan B117 dan B1351, varian India digolongkan sebagai Variant of Interest (VoI) oleh WHO.

"Untuk B1617, sampai saat ini masih digolongkan sebagai Variant of Interest. Ada beberapa jenis varian yang tergolong VoI ini setidaknya ada 6 atau 7 varian yang menjadi perhatian," tutup dr Nadia.

Selain informasi soal bahaya varian baru virus corona, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!