Terbang dengan F-16, Garuda Flight TNI AU Bentuk Formasi 77 di Langit Jakarta
Garuda Flight terbang dengan formasi 77 dan melintas di atas Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Tangkapan layar/ Wardhany Tsa Tsia)

Bagikan:

DENPASAR - Tim Garuda Flight TNI Angkatan Udara terbang dengan pesawat F-16 membentuk formasi 77 dan melintas di atas Istana Merdeka Jakarta. Aksi ini dilakukan saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi RI, Rabu, 17 Agustus 2022. 

Saat terbang di atas langit Jakarta, Garuda Flight yang diwakili flight leader, Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira menyampaikan selamat HUT ke-77 RI dari kokpit pesawat tempur F-16.

"Kami elang-elang Angkatan Udara. Di bawah biru langit ibu kota, mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022. Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Salam Swa Bhuwana Paksa," kata Aulia dari atas pesawat.

Setelah mengucapkan selamat, Garuda Flight yang diisi 16 pesawat F-16 dengan formasi 77 lewat atas Istana Merdeka. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir tampak menunjuk pesawat tempur tersebut.

Sementara tamu undangan yang lain banyak yang sibuk mengambil gambar dengan ponsel mereka ketika pesawat itu lewat.

Setelah Garuda Flight melaksanakan formasi, kini giliran helikopter gabungan milik TNI dan Polri yang unjuk kebolehan. Mereka membawa satu bendera raksasa dan terbang di atas Istana Merdeka.

Sama seperti saat Garuda Flight lewat dengan formasi 77, helikopter ini juga menarik perhatian. Presiden Jokowi dan tamu undangan terus menyaksikan atraksi tersebut.

Adapun helikopter tersebut memiliki julukan Nusantara Flight yang dipimpin Letkol Pnb Imanuel Simarmata. Sejumlah helikopter yang digunakan yaitu helikopter AH64 Apache milik TNI AD; helikopter AS565 Panther milik TNI AL; helikopter EC725 Karakal dan helikopter NAS332 Super Puma milik TNI AU; dan helikopter AW169 Polri.

Artikel ini telah tayang dengan judul F-16 Bentuk Formasi 77 di Langit Jakarta, Mayor Bambang dari Kokpit: Selamat Ulang Tahun

Selain informasi soal Garuda Flight TNI AU bentuk formasi 77 di langit Jakarta. simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.