Wajib Tahu! Inilah 4 Tingkatan Pengisian Daya Mobil Listrik
Ilustrasi pengisian kendaraan listrik. (foto Ford)

Bagikan:

DENPASAR - Daya listrik yang disimpan pada baterai, termasuk baterai kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) bisa diisi ulang. Baterai pada EV merupakan energi utama berupa listrik. 

Saat ini, pengisian daya EV sudah banyak tersedia untuk umum. Akan tetapi, jika Anda tidak ingin pergi ke Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Secara garis besar, level pengisian daya EV memiliki tiga tingkatan yaitu Level 1, Level 2, dan pengisian cepat DC atau bisa disebut dengan Level 3. Berikut penjelasan tentang tiga level pengisian data baterai listrik. 

Pengisi Daya Level 1

Pengisian daya 1 merupakan yang paling sering ditemukan. Biasanya pengisian daya ini bisa menggunakan stop kontak rumah dengan 120 volt. Namun itu akan menjadi sangat lambat. 

Seperti disebutkan, kecepatan pengisian tersebut hanya setara dengan 880 watt per jam (0,88 kWh) untuk kecepatan 8-amp, atau 1,32 kWh untuk kecepatan 12-amp. Jika digunakan untuk mobil seperti Chevrolet Bolt EUV, pengisian penuh pada kecepatan 12-amp yang lebih cepat akan memakan waktu sekitar 50 jam.

Jenis pengisian ini cocok bagi Anda yang ingin mengisi baterai di rumah dan ketika mobil tidak buru-buru untuk digunakan. 

Pengisi Daya Level 2

Pengisi daya level 2 bisa Anda temukan di stasiun pengisian daya umum atau juga bisa di rumah yang menggunakan daya 240 volt. 

Menurut catatan The Drive, kecepatan pengisian level 2 ditentukan oleh dua hal, yang pertama adalah kemampuan pengisi daya untuk memasok daya dan yang kedua adalah kemampuan kendaraan untuk menerima daya. 

Umumnya, pengisian Level 2 dimulai pada minimal 3,3 kW per jam dan dapat meroket hingga 19,2 kWh, tergantung pada arus listrik yang dipasok ke stasiun pengisian.

Pengisi Cepat DC Level 3

Pengisian Level 3, yang tercepat, biasa digunakan untuk aplikasi komersial, dan beroperasi dengan sirkuit fase-tiga 480 V atau lebih tinggi, untuk jenis mobil listrik off-board charger.  

Pengisian level 3 ini umumnya terdapat di stasiun pengisian umum. Pengisian Level 3 dengan juga dikenal sebagai pengisian cepat DC, mengisi daya melalui steker arus searah (DC) 480V. 

Sebagian besar pengisi daya Level 3 menyediakan daya 80 persen dalam 30 menit. Namun, perlu diperhatikan bahwa cuaca dingin dapat memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya.

Itulah tiga tingkatan pengisian daya baterai kendaraan listrik yang ada saat ini. Anda sudah coba?