Berita Bali Terkini: Presiden Jokowi Resmikan SPKLU <i>Ultra Fast Charging</i> di Nusa Dua
Presiden Jokowi resmikan SPKLU Ultra Fast Charging di Nusa Dua (Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) Ultra Fast Charging di Nusa Dua, Badung, Bali pada hari ini, Jumat, 25 Maret 2022.

‘SPBU’ untuk kendaraan listrik (electric vehicle) tersebut dihadirkan PT PLN untuk menunjang kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar pada akhir tahun ini di Pulau Dewata.

"Presidensi G20 adalah kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk menunjukkan berbagai komitmen terhadap pengurangan emisi CO2 melalui penggunaan mobil listrik selama KTT G20," kata Jokowi, dikutip dari Antara.

Ekosistem kendaraan listrik di Indonesia berkembang cepat

Menurut Presiden KTT G20 juga bisa menjadi ajang bagi Indonesia untuk menunjukkan diri sebagai salah satu negara terdepan dalam pengembangan kendaraan listrik.

Hal itu bisa dicerminkan lewat keberadaan industri baterai dan industri komponen di sektor hulu serta penyiapan SPKLU dan fasilitas home charging di hilir demi menunjukkan kepada dunia bahwa ekosistem mobil listrik di Indonesia bertumbuh dan berkembang cepat.

"Dan untuk mendukung KTT G20 saya senang melihat PLN telah menyiapkan 60 SPKLU Ultra Fast Charging 200kw yang merupakan SPKLU Ultra Fast Charging pertama di Indonesia, dan 150 titik fasilitas home charging yang akan dipergunakan oleh seluruh delegasi nantinya," kata Presiden.

Presiden mengaku sudah mendapat penjelasan dari Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo bahwa SPKLU Ultra Fast Charging memiliki keunggulan berupa pegisian daya yang hanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit untuk satu kendaraan.

Selain itu SPKLU Ultra Fast Charging juga menerapkan pola distribusi beban yang dinamis sehingga mempercepat proses pengisian daya apabila dilakukan untuk dua mobil listrik secara bersamaan.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam peresmian SPKLU Ultra Fast Charging di Nusa Dua adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Selain informasi soal Presiden Jokowi resmikan SPKLU ultra fast charging di Nusa Dua, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.