Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Tegaskan Dirinya Bukan Sosok yang Akan Menggantikan Tjahjo Kumolo Sebagai MenPAN-RB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Bagikan:

DENPASAR - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa dirinya bukanlah sosok yang akan menggantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparataur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). 

Diketahui, kursi jabatan MenPAN-RB saat ini masih lowong sejak Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022. 

Sosok pengganti Tjahjo Kumolo sudah dibahas Megawati 

Dikatakan Hasto, nama-nama calon Menteri PAN-RB sudah dibahas oleh Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum Partai PDIP yang mengusung Tjahjo sebagai menteri. Akan tetapi, pihaknya tetap menghormati hak prerogatif Presiden Jokowi dalam memilih nama menteri.

"Nama-nama sudah dibahas. Siapa itu? Bukan saya, karena saya lebih memilih membantu Bu Megawati mengurus partai. Nanti Bu Megawati yang serahkan (nama menteri PAN-RB yang baru, red) ke pak Jokowi," kata Hasto di Jakarta, Kamis, 28 Juli 2022, dikutip dari VOI

Menurut Hasto, pengisian jabatan Menteri PAN-RB sebaiknya tak perlu dipersoalkan sekarang. Sebab yang penting pemerintah (Kementerian PAN-RB) tetap berjalan dengan baik.

"Kan sudah ada menteri ad interim yaitu pak Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri, red)," ujar Hasto. 

Ia pun meminta untuk saat ini semua pihak sebaiknya tidak membicarakan panjang lebar soal kursi menteri PAN-RB, sebagai sikap untuk menghormati sosok Tjahjo Kumolo.

"Apa pun, pak Tjahjo sekjen (PDIP) senior, beliau sosok yang sangat baik. Pas beliau wafat kan kita tahu bagaimana ungkapan duka itu banyak sekali. Mohon dipahami masa berduka itu 40 hari," jelas Hasto.

Ia menyebut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tentunya telah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi. Apalagi Ibu Megawati dan Presiden Jokowi sering berkomunikasi langsung, juga sering bertemu.

Lantas, bagaimana jika Hasto yang diusulkan menjadi Menteri PAN-RB? Ia menegaskan bahwa PDI Perjuangan memiliki banyak stok figur mumpuni.

"Kita partai (PDIP, red) punya stok pemimpin yang banyak. Kalaupun saya ditawari, izin, saya ngurus partai saja. Saya ngurus partai saat ini. Bukan menjadi pejabat," kilah Hasto.

"Itu (jabatan menteri, red) nanti penugasan Ibu Megawati. Tapi skala prioritas itu bagi saya bisa menjadi Sekjen saja sudah satu kehormatan. Dan PR (pekerjaan rumah, red) kita masih banyak," tuntas Hasto.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sosok Calon Pengganti Tjahjo Kumolo Sudah Dibahas Megawati dan Jokowi, Hasto: Bukan Saya

Selain informasi soal Hasto Kristiyanto tegaskan dirinya bukan sosok yang akan menggantikan Tjahjo Kumolo sebagai MenPAN-RB, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.