Berita Bali Terkini: PKS-PKB Ajak NasDem dan Demokrat Gabung Koalisi Semut Merah
Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi Foto Antara

Bagikan:

DENPASAR - Koalisi Semut Merah yang digagas oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka pintu untuk Partai Demokrat dan NasDem jika ingin bergabung. 

Hal tersebut disampaikan oleh Sekjen PKS, Aboe Bakar Alhabsyi di Jakarta pada Jumat, 10 Juni 2022. Dia mengatakan, koalisi hanya membutuhkan satu partai lagi untuk bisa memenuhi persyaratan pengusungan capres dan cawapres. 

"Welcome, kita siap dengan NasDem, Demokrat, kita siap juga dengan yang lain," ujar Aboe, dikutip dari VOI

NasDem tunggu rekomendasi capres saat Rakernas 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate, menyatakan partainya tidak akan membentuk koalisi sebelum adanya calon presiden (Capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. 

Menurutnya, koalisi baru dibentuk oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh setelah mendapatkan hasil rekomendasi sosok capres pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang bakal digelar 15-17 Juni mendatang.

“NasDem tidak membentuk koalisi sebelum ada capres,” ujar Johnny G Plate di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 8 Juni.

Dari hasil Rakernas nantinya, lanjut Johnny, ada sekitar 3 hingga 4 nama calon presiden yang akan diberikan kepada Surya Paloh. Selanjutnya, akan ditetapkan satu capres yang bakal diusung.

“Nanti hasil output dari Rakernas antara 3 sampai 4 calon presiden mungkin akan dihasilkan itu," ungkapnya. 

Kemudian, kata Johnny, capres yang sudah diusung itu akan didiskusikan bersama calon mitra koalisi NasDem. Baru setelah itu, akan ada poros koalisi yang terbentuk. 

“Jadi, calon-calon mitra koalisi nanti akan kami bicarakan setelah rakernas,” kata Johnny.

"Karena rapatnya baru akan dilakukan tanggal 15-17 Juni nanti, jadi belum ada nama,” imbuhnya.

Kendati demikian, Johnny mengatakan, partainya saat ini membuka pintu koalisi dengan seluruh partai politik. Utamanya, dengan parpol yang memiliki landasan yang sama, yakni kebangsaan, kewarganegaraan dan kontinitas pembangunan nasional.

Artikel ini telah tayang dengan judul Butuh Satu Partai Lagi, PKS Ajak NasDem dan Demokrat Gabung Koalisi Semut Merah

Selain informasi soal PKS-PKB ajak NasDem dan Demokrat gabung Koalisi Semut Merah, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.