Berita Bali Terkini: Kapolri Tegaskan Bakal Usut Tuntas Kasus Khilafatul Muslimin
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Humas Polri)

Bagikan:

DENPASAR - Kapolri Jenderal Listyo sigit Prabowo menegaskan pihaknya bakal mengusut tuntas kasus Khilafatul Muslimin. 

Diketahui, saat ini orang nomor satu di kelompok Khilafatul Muslimin, Adul Qadir Hasan Baraja diamankan aparat kepolisian. 

"Pengembangan terus kita lakukan. Kita tidak ingin hal-hal seperti ini berkembang. Yang jelas pendalaman-pendalaman terus dilakukan," ujar Listyo Sigit kepada wartawan di gedung DPR, Rabu, 8 Juni, dikutip dari VOI

Polisi tetapkan empat tersangka dalam kasus khilafatul Muslimin

Dalam penamganan kasus Khilafatul Muslimin, ada empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka. Selain Abdul Qadir Hasan Baraja, ada tiga orang lainnya berinisial GZ, DS dan AS. Mereka ditangkap di Jawa Tengah.

Kapolri Sigit juga memastikan kasus Khilafatul Muslimin akan diusut tuntas. Dengan begitu, tidak ada tindakan dari pihak manapun yang melanggar ideologi Pancasila.

"Saat ini sedang berproses. Tentunya kita telah menerapkan pasal-pasal," kata Sigit.

Sebelumnya Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Hengki Haryadi menyatakan Khilafatul Muslimin merupakan kelompok besar. Dari hasil pendalaman sementara, kelompok pimpinan Abdul Qadir Baraja sudah tersebar di beberapa wilayah.

"Ini organisasi cukup besar ada 23 kantor wilyah, ada 23 daulah, Sumatera, Jawa, termasuk wilayah timur. Artinya ini tidak bisa dianggap sederhana," kata Hengki.

Selain itu, kelompok ini memiliki website dan buletin yang dijadikan media untuk menyebarkan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Khusus untuk buletin, diketahui sudah mengeluarkan 80 edisi.

Isi konten buletin dan website dianggap bertentangan dengan Pancasila berdasarkan hasil analisa bersama dengan beberapa ahli. Mulai dari ahli literasi ideologi islam, ahli bahasa, ahli pidana, ahli psikologi.

Namun, sampai saat ini pengembangan akan dilakukan perihal isi konten tersebut. Dengan begitu, tindak pidana penyebaran berita bohong akan semakin terbuka jelas.

"Kami akan kembangkan terus karena sifatnya berkesinambungan penyidikan kita," ungkap Hengki.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kapolri Tegaskan Bakal Usut Tuntas Khilafatul Muslimin

Selain informasi soal kasus khilftul muslimin, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.