Menteri Basuki Promosikan Bali untuk WWF ke-10 di Kongres ICOLD
Ilustrasi pariwisata Bali (Photo by Harry Kessell on Unsplash)

Bagikan:

DeNPASAR - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mempromosikan Bali untuk Forum Air Dunia (World Water Forum/WWF) ke-10 di Kongres International Commision On Large Dams (ICOLD) yang diselenggarakan di Marseille, Prancis. 

Promisi tersebut disampaikan Basuki pada sesi Indonesian Cultural Gathering ICOLD. Basuki meminta delegasi ICOLD membawa keluarga saat datang ke Bali

“Saya mengundang para delegasi dan keluarga komunitas bendungan dunia yang tergabung dalam ICOLD untuk datang ke Bali menghadiri WWF-10 Tahun 2024 yang akan datang. Jangan lupa nanti untuk membawa keluarga dan berwisata menikmati keindahan Bali,” kata Basuki, dikutip dari Antara, Rabu, 1 Juni. 

Basuki juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan anggota ICOLD kepada Indonesia untuk kembali menggelar Forum Air Dunia atau World Water Forum (WWF).

“Atas nama Pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang terus menerus diberikan oleh anggota ICOLD yang telah mempercayakan kami untuk menjadi tuan rumah acara WWF ke-10 di Bali pada tahun 2024 mendatang,” ujarnya.

Forum WWF bakal bahas permasalahan sumber daya air 

WWF merupakan konferensi internasional terbesar di dunia yang membahas semua topik pada sektor sumber daya air. Lokasi penyelenggaraan WWF ke-10 akan berada di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang dapat menampung lebih dari 15.000 peserta dan pengunjung.

Dalam sesi acara Indonesia Cultural Gathering, para delegasi yang hadir dari berbagai negara tampak menikmati musik dan santapan nusantara yang disajikan pada pertemuan tersebut, seperti sate Bali, sate ayam, lemper, dan kue-kue khas Indonesia. Para delegasi asing menerima bubuk kopi dan udeng Bali sebagai suvenir.

Di rangkaian Kongres ICOLD, Basuki bersama Wakil Menteri Bidang Transisi Ekologi Pemerintah Perancis Yoann La Corte, Presiden ICOLD Michael F. Rogers, dan Sekjen ICOLD Michel de Vivo juga membuka Pameran Indonesian National Committee on Large Dams (INACOLD) atau Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNIBB).

Pameran ini menampilkan sejumlah informasi terkait pembangunan dan pengelolaan bendungan di Indonesia. Sejak 2015 hingga saat ini, Indonesia membangun 61 bendungan dimana 29 bendungan sudah selesai dan sisanya ditargetkan selesai di akhir 2024 atau awal 2025.

Menteri Basuki bersama sejumlah delegasi dari Indonesia dan negara lainnya juga mengunjungi gerai pameran dari berbagai negara anggota ICOLD.

Turut mendampingi Menteri Basuki, antara lain Inspektur Jenderal Kementerian PUPR T. Iskandar, Konjen RI Marseille Arif Basalamah, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Bendungan dan Danau Airlangga Mardjono, serta pengurus Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNIBB/INACOLD).

 

Artikel ini telah tayang dengan judul Undang Berbagai Negara ke Forum Air Dunia di Bali, Menteri Basuki: Jangan Lupa Bawa Keluarga

 

Selain informasi soal Menteri Basuki promosikan pariwisata Bali, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.