Berita Bali Terkini: Komplotan Pencuri Udang di Jembrana Dibekuk Polisi
Rilis kasus pencurian udang di Jembrana. (Dok. Humas Polres Jembrana).

Bagikan:

DENPASAR - Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Jembrana berhasil membekuk komplotan pencuri udang pada Jumat, 27 Mei. 

Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP M. Reza Pratana mengungkap identitas pelaku pencurian. Mereka yakni Mohammad Asari (28), Hariyanto (34), Agus Salim (36), Febriyanto (43), dan Imam Taufik (30). Para pelaku merupakan pekerja di tambah udang di Banjar Delod, Pangkung, Desa Budeng, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana. Selain itu, polisi juga mengamankan seorang penadah bernama Samsul Hadi, 

"Polres Jembrana berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan berupa udang sebanyak 1.309 kg," kata Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP M. Reza Pratana, Senin, 30 Mei.

Kerugian capai ratusan juta rupiah 

Tambak udang merupakan milik Lin Shuquan. Lima orang pencuri adalah pekerja di tambak udang milik korban.

"Pelaku berjumlah lima orang dan satu  orang penadah. Kami langsung melakukan penangkapan terhadap lima pelaku di rumahnya masing-masing di daerah Banyuwangi, Jawa Timur," ujar AKP Reza.

Para pelaku berbagi tugas saat beraksi. Diam-diam pelaku memasukkan udang ke keranjang plastik dan dipisahkan saat dinaikkan ke truk.

Udang ini dijual ke penadah di Jembrana dengan seharga Rp72 juta.

"Kejadian tersebut sudah berulangkali dilakukan oleh para pelaku. Adapun motif dari lima pelaku sengaja untuk dijual untuk mendapatkan uang. Sedangkan motif dari penadah mau membeli udang hasil kejahatan tersebut karena bisa dijual dengan harga murah sehingga memperoleh keuntungan," papar AKP Reza.

Korban mengalami total kerugian Rp122 juta. Kelima pelaku dijerat Pasal 363 KUHP.

"Sedangkan terhadap penadah, yaitu Pasal 480 KUHP tentang tindak pidana pertolongan jahat dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun," ujarnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Curi Udang Senilai Rp122 Juta di Tambak Jembrana, 5 Pekerja dan Penadah Ditangkap

Selain informasi soal komplotan pencuri udang di Jembrana dibekuk polisi, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.