Berita Bali Terkini: Angka Pura Bangun PLTS di Bandara Ngurah Rai
Pembangunan PLTS di Bandara Ngurah Rai (Dok. Humas Bandara Ngurah Rai).

Bagikan:

DENPASAR - PT Angkasa Pura I melalui anak usahanya Angkasa Pura Property membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara Internasional I Ngusti Ngurah Rai. 

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, pembangunan PLTS merupakan perwujudan misi untuk memberikan kontribusi positif pada kelestaria lingkungan dan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menekan emisi karbon sekaligus mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. 

"Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara berkomitmen mewujudkan operasional bandara yang ramah lingkungan melalui penerapan konsep Eco Airport, pemanfaatan EBT dan penggunaan energi bersih secara berkelanjutan. Pembangunan PLTS ini sekaligus menjadi langkah awal dari komitmen besar kami dalam mendukung upaya pemerintah mewujudkan net zero emission (NZE) di tahun 2060," kata Faik Fahmi, Kamis, 19 Mei, dikutip dari VOI

Angkasa Pura bangun 288 unit solar panel

Untuk tahap awal, PLTS berupa 288 unit solar panel system atau photovoltaics dengan kapasitas maksimal 155 kilo watt peak (kWp) akan dipasang dan menyuplai energi surya untuk  area gedung parkir internasional, gedung parkir domestik dan Toll Gate Bandara Ngurah Rai Bali

"PLTS ini dibangun dan akan dikelola oleh anak usaha Angkasa Pura I yaitu Angkasa Pura Property yang telah memiliki  Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (IUJPTL)," ujarnya.

Selain itu, Angkasa Pura I sudah menerapkan sejumlah kebijakan perusahaan yang berkorelasi positif terhadap konservasi energi termasuk juga sistem panel surya di beberapa area, menggunakan biofuel atau materi lainnya terkait energi terbarukan, mengurangi konsumsi listrik dengan menggunakan sistem sensor otomatis gedung, pendingan magnetik.

Di tahun 2021, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi bandara Angkasa Pura I pertama yang telah menerapkan sistem manajemen energi ISO 50001:2008. 

"Pembangunan PLTS ini diharapkan semakin menjadikan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebagai bandara yang ramah lingkungan serta memberikan kontribusi nyata dalam menurunkan emisi gas rumah kaca khususnya di sektor kebandarudaraan nasional," ujar Fahmi.

Sementara itu, Plt Direktur Utama Angkasa Pura Property, Ristiyanto Eko Wibowo mengatakan pembangunan PLTS di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi perusahaan dalam mendukung terwujudnya misi Angkasa Pura I sebagai induk perusahaan.

"Pembangunan dan pengelolaan PLTS ini merupakan bentuk kepercayaan dari Angkasa Pura I terhadap Angkasa Pura Property untuk bersama-sama mewujudkan pemanfaatan EBT dan energi bersih dalam mendukung operasional bandara-bandara di Indonesia. Ini juga menjadi portofolio bisnis baru bagi Angkasa Pura Property yang tahun ini sedang melakukan transformasi strategi bisnis untuk menjadi pemimpin dalam perusahaan pengelola properti dan konstruksi di segmen industri Aviasi dan Pariwisata," ujar Wibowo.

Artikel ini telah tayang dengan judul AP I Bangun PLTS di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Selain informasi soal Angkasa Pura bangun PLTS di Bandara Ngurah Rai, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.