Berita Bali Terkini: Sidang IPU ke-144 di Nusa Dua Bakal Dihadiri 115 Negara
Ketua DPR Puan Maharani di Nusa Dua Bali/FOTO: Dafi-VOI

Bagikan:

DENPASAR – Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan, sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly and Related Meeting ke-144 yang di selenggarakan di Nusa Dua, Bali pada 20-24 Maret mendatang, bakal dihadiri oleh 115 negara dengan 1.000 peserta.

"Sampai saat ini ada 115 neegara menyatakan kehadiran fisik. Jadi tidak ada haybrid tidak ada zoom semua yang hadir itulah perserta dari IPU," kata Puan Maharani saat konferensi pers, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin, 14 Maret, dikutip dari VOI.

“Kalau event berjalan dengan baik akan membawa nama Indonesia dan Bali dengan citra positif," imbuhnya.

Angkat Isu Perubahan Iklim

Isu utama yang akan dibahas adalah perubahan iklim dan pandemi COVID-19. Namun, tidak menutup ada agenda isu lain yang akan dibahas oleh para peserta.

"Perubahan iklim dan pandemi COVID-19, itu isu utamanya tentu saja agenda turunan dan saya juga membuka ruang diskusi mengikuti dinamika yang akan dibahas sesuai dengan aturan persidangan. Jadi, jangan kemudian membawa isu-isu yang membuat kita tidak saling menghormati dan saling menghargai sesama anggota IPU," papar Puan.

Pada hari ini, pihaknya melakukan rapat koordinasi untuk persiapan acara IPU ke 144. Acara diagendakan dibuka Presiden Jokowi.

"Indonesia sebagai tuan rumah dan acara pembukaan IPU ke-144 akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia. Sampai saat ini, walaupun terus mengalir delegasi yang mendaftarkan dirinya terus hadir hari ini sudah terdaftar 1.15 negara atau  delegasi yang akan datang pada pelaksanaan IPU 144," ujar Puan.

Dengan adanya event internasional ini, diyakini Puan akan membuat citra Pulau Bali kembali bangkit dan tentunya membantu perekonomian pariwisata di Pulau Dewata.

"Ini merupakan satu event (intenasional) pertama yang besar yang dilaksanakan di Bali di tahun 2022 sehingga ini  menuju pelaksanaan G20 pada November 2022 pertemuan kepala negara," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, saat ini Bali siap menggelar event internasional. Karena, kondisi pandemi COVID-19 di Bali sudah kondusif dan tingkat vaksinasi sudah tinggi.

"Pandemi COVID-19 di Provinsi Bali telah terkelola dengan baik terus menurun. Situasinya semakin kondusif tingkat vaksinasi cukup tinggi dan vaksin booster sudah mencapai 33,6 persen," ujarnya.

Koster menegaskan, pihaknya juga mendukung pelaksanaan event IPU ke 144. Pemprov Bali telah menyiapkan tim untuk pelaksanaan protokol kesehatannya.

"Pertemuan ini, momentum pertama pertemuan internasional yang diselenggarakan di Provinsi Bali sebagai awal dari pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali yang sudah memerlukan momentum yang tepat saat ini. Karena, pandemi sudah sangat terkendali dan sangat kondusif," ujarnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ketua DPR: Event IPU ke-144 di Nusa Dua Bali Dihadiri 115 Negara.

Selain informasi soal sidang IPU ke-144 di Nusa Dua, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.