Ketua DPR RI Ajak Forum Parlemen Dunia Hadiri IPU ke-144 di Bali
Puan Maharani/IST

Bagikan:

DENPASAR – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak anggota parlemen dunia dari 120 negara untuk menghadiri forum Inter Parliamentary Union (IPU) ke-144 yang akan diselenggaran di Indonesia, tepatnya di Provinsi Bali pada tahun depan.

"Suatu kehormatan bagi saya untuk memberitahukan kepada seluruh delegasi bahwa DPR RI akan menjadi tuan rumah Sidang IPU ke-144 di Bali, Indonesia, pada tanggal 20-24 Maret 2022,” kata Puan pada penutupan IPU General Assembly ke-143 di Madrid, Spanyol, Selasa, 30 November malam.

Puan menyampaikan, sidang umum IPU ke-144 harus mengirimkan pesan kuat bahwa Parlemen selalu siap menjadi bagian dari solusi untuk memecahkan tantangan paling besar yang dihadapi dunia saat ini. Menurutnya, tahun 2022 merupakan tahun yang penting dan menentukan apakah dunia dapat keluar dari pandemi COVID-19.

“Jika vaksinasi dapat dilakukan merata di seluruh dunia, maka dunia akan keluar dari pandemi. Dan sidang umum di Bali akan menjadi kesempatan baik bagi IPU untuk melakukan reality check apakah kita sudah di jalan yang tepat menuju pemulihan dari pandemi,” kata Puan.

Puan menjelaskan, reality check yang dimaksud adalah apakah vaksinasi global sudah mencapai target 70 persen dari total penduduk dunia pada pertengahan 2022. Selain itu, parlemen dunia bisa menilai dampak sosial pandemi serta kemajuannya dari sisi pemulihan ekonomi.

"Kita dapat menilai dampak pandemi terhadap pelaksanaan demokrasi, pemajuan hak asasi manusia, dan rule of law," kata Puan.

Puan Maharani promosikan Bali

Ketua DPR perempuan pertama ini menyebut, Bali adalah tempat yang tepat untuk pelaksanaan sidang umum IPU.

“Majelis IPU ke-144 akan menjadi Majelis kedua setelah pandemi, dan kami tidak bisa memikirkan tempat yang lebih baik untuk bertemu selain Bali. Delegasi Palemen dapat mengkombinasi antara melaksanakan tugas diplomasi parlemen dan menikmati keindahan Bali,” sebutnya.

Puan menegaskan, Indonesia telah membuat kemajuan besar dalam penanganan pandemi COVID-19. Ia meminta anggota IPU tidak perlu khawatir datang ke Bali karena tingkat vaksinasi penuh (2 kali dosis) masyarakat di Pulau Dewata itu telah mencapai lebih dari 87 persen dari jumlah penduduk.

“Sedangkan di Indonesia secara keseluruhan, Indonesia telah mencapai 100 persen target, yaitu 208 juta orang pada bulan Maret 2022. Saya berharap dapat menyambut Anda di Indonesia dan bekerja sama menuju pertemuan yang memiliki dampak,” ucap Puan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sambil Promosi, Puan Maharani Undang 120 Negara Hadiri IPU ke-144 di Bali.

Selain informasi soal Ketua DPR RI ajak forum parlemen dunia hadiri IPU ke-144 di Bali, simak perkembangan situasi terkini hanya di bali.voi.id. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!