Berita Bali Terkini: KKP Kampanye Kesehatan Laut dengan Bersih-bersih Pantai Kuta
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam acara bersih-bersih Pantai Kuta. (Foto: Dafi/VOI)

Bagikan:

DENPASAR – Kementerian Kelautan dan Perikakan (KKP) mengadakan kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali pada Kamis, 10 Maret. Acara tersebut dikemas dengan tema Bulan Cinta Laut dan dihadiri oleh Menteri kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Menteri Trenggono mengatakan kegiatan bersih-bersih Pantai Kuta termasuk dalam persiapan perhelatan KTT G20 yang akan digelar di Bali.

Trenggono kirim sinyal untuk pemimpin dunia sebelum G20

"Bersihkan laut dengan laut tetap biru supaya langit tetap biru. Lalu kita sampaikan kepada seluruh pemimpin-pemimpin dunia yang akan datang ke sini, kegiatan ini harus intens dijalankan untuk menjadi sinyal. Sinyal yang kita berikan kepada mereka, bahwa mereka melakukan hal yang sama di negaranya," katanya, dikutip dari VOI, Jumat, 11 Maret 2022.

Bulan Cinta Laut Bersih menurut Trenggono menjadi gerakan yang juga menindaklanjuti Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 83.

"Ini adalah menjadi bagian gerakan yang bisa kita sampaikan ke seluruh masyarakat. Tentu partispasi masyarakat melalui pemerintah daerah baik itu provinsi maupun pemerintah daerah tingkat dua. Khususnya, di sepanjang garis pantai tentu ini menjadi penting karena pinggir pantai atau laut kita itu, adalah masa depan kita. Sehingga, laut tetap kita jaga menjadi laut yang biru, agar langit juga terlihat biru," imbuh Trenggono.

Menurutnya, bila laut terjaga maka kehidupan berlangsung lebih baik. Karenanya perlu partisipasi semua pihak menjaga laut.

"Yang paling penting, kita syiarkan agar seluruh dunia menyadari pentingnya kesehatan laut. Itu yang ingin sampaikan di sini, apalagi Bali adalah daerah wisata kalau menjadi sangat kumuh, kotor, maka juga akan berpengaruh kepada sektor pariwisata," ujar Trenggono.

Pulau Bali sambungnya harus bersih dari sampah. Karena itu, masyarakat juga harus terlibat di dalam gerakan ini.

"Ini adalah bagian daripada gerakan nasional yang namanya Bulan Cinta Bersih dan kita berharap pada satu bulan itu nelayan tidak mengambil ikan tetapi melihat laut yang kotor. Kemudian mengambil sampah-sampah di laut yang bisa dikumpulkan sampah-sampah tersebut supaya laut kita menjadi tetap bersih dan sehat," ujar Sakti Wahyu Trenggono.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kirim Pesan untuk Pemimpin Negara Jelang KTT G20 Bali, Menteri Kelautan dan Perikanan Bersih-bersih di Pantai Kuta.

Selain informasi soal Kementerian KKP kampanye kesehatan laut, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.