Berita Bali Terkini: Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Bakal Tingkatkan Konektivitas Antar Kawasan
Ilustrasi pembangunan jalan tol. (Foto: Dok. Hutama Karya)

Bagikan:

DENPASAR – Proyek pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah di Provinsi Bali.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit mengatakan, proyek tersebut akan dimulai pada bulan Juli 2022.

"Pemerintah melalui Kementerian PUPR meningkatkan konektivitas di Pulau Bali melalui Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi," ujar Danang saat kegiatan Penandatanganan Perjanjian Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di Denpasar, Selasa, 8 Maret, dikutip dari Antara.

Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi masuk proyek strategis nasional

Ia mengatakan, pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi merupakan salah satu proyek strategis nasional yang tercantum dalam Peraturan Menko bidang Perekonomian Nomor 7 tahun 2021.

Jalan tol Gilimanuk-Mengwi rencananya akan dibangun sepanjang 96,84 km yang akan terbagi menjadi tiga seksi.

"Seksi 1 menghubungkan Gilimanuk dan Pekutatan dengan panjang 54,7 km, Seksi 2 dengan panjang 23,17 km yang menghubungkan Pekutatan dan Soka dan terakhir Seksi 3 sepanjang 18,9 km menghubungkan Soka dan Mengwi," katanya.

Danang Parikesit menjelaskan, pembangunan jalan tol kedua di Provinsi Bali itu diharapkan dapat memangkas waktu tempuh di jalur yang menghubungkan Kabupaten Jembrana Bali dengan Kabupaten Badung itu.

"Waktu tempuh perjalanan dari Gilimanuk ke Mengwi kalau melalui jalan tol ini nantinya diperkirakan 1 hingga 1,5 jam perjalanan," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali akan dilengkapi jalur khusus sepeda guna mendukung pariwisata di wilayah Bali.

"Ini mungkin jalan tol pertama yang ada jalur sepedanya di Indonesia, karena memang daerah wisata. Jadi kita juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat wisata," katanya.

Ia juga berpesan bahwa pembangunan Tol Gilimanuk-Mengwi harus selalu menjaga dan memperhatikan keserasian pembangunan jalan tol dengan lingkungan.

"Kita akan membangun sebisanya dan sekuat tenaga untuk terus serta tetap menjaga lingkungan hidup. Tadinya kita akan membangun jalan tol di tengah Bali, tapi saya merasa kalau kita membuat jalan tol di tengah Pulau Bali yang membelah pasti banyak merusak lingkungan, sehingga kita mengambil yang jalur pantai," ujar Menteri Basuki.

Selain informasi soal proyek Jalan Tol Gilimnuk-Mengwi, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.