Polda Metro Jaya Terjunkan 2.756 Personel untuk Kawal Demo PA 212 di Kantor Kemenag
Ilustrasi personel Polda Metro Jaya (Photo by Visual Karsa on Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR – Polda Metro Jaya menerjunkan 2.756 personel untuk mengamankan aksi massa yang digelar Persaudaran Alumni (PA) 212 di Kantor Kementerian Agama (Kemenag).

"Polda Metro Jaya sudah mengantisipasi untuk kegiatan hari ini dengan melibatkan personel pengamanan sebanyak 2.756," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan, dikutip dari VOI, Jumat, 4 Maret. 

Ribuan pesonel itu merupakan gabungan dari TNI-Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda). Nantinya, personel yang dikerahkan bakal mengawal aksi tersebut agar berjalan damai dan aman.

Di sisi lain, Zulpan juga mengimbau massa aksi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Sebab, Jakarta masih dalam situasi pandemi COVID-19.

"Patuhi prokes, jangan sampai menimbulkan nanti gangguan kesehatan bagi masyarakat yang melakukan unjuk rasa, atau masyarakat lain yang tidak menyampaikan pendapatnya ini," kata Zulpan.

PA 212 gerudug Kantor Kemenag

Sebagai informasi, PA 212 bakal menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Kementerian Agama (Kemenag). Aksi ini buntut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menganalogikan azan dari pengeras suara dengan mencontohkan gonggongan anjing.

Dalam pernyataannya itu dia membandingkan jika ada orang muslim yang berada di lingkungan nonmuslim yang para tetangganya pelihara anjing yang pasti mengganggu.

"Misalkan tetangga kita kiri kanan depan belakang pelihara anjing semua, misalnya menggonggong di waktu yang bersamaan, kita terganggu tidak? Artinya semua suara-suara harus kita atur agar tidak menjadi gangguan," ujarnya saat berkunjung ke Pekanbaru, Rabu 23 Februari.

"Kita bayangkan, saya Muslim saya hidup di lingkungan nonmuslim, kemudian rumah ibadah mereka membunyikan toa sehari lima kali dengan keras secara bersamaan, itu rasanya bagaimana?" lanjutnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ribuan Prajurit TNI-Polri Dikirim Kawal Aksi PA 212 Terkait Ucapan Menag Soal Azan.

Selain informasi soal demo PA 212 di kantor Kemenag, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.