Menkes: Kenaikan Kasus COVID-19 di Banten, Jabar, dan Bali Sudah Dekati Puncak
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (DOK. ANTARA).

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut tren kenaikan kasus COVID-19 di Provinsi Banten, Jawa Barat dan Bali sudah mendekati puncak.

Akan tetapi, sambung Budi, sebelum tren menuju puncak kasus bergeser ke luar Jawa-Bali, kondisi ini akan terjadi lebih dulu di DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan luar Pulau Jawa.

"Saya rasa nanti Banten, Jabar, Bali ini sudah mendekati puncak ya dan baru nanti akan bergeser ke provinsi-provinsi seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan di luar Jawa," ucap Budi, dikutip dari VOI, Selasa, 15 Februari.

Kasus COVID-19 di Banten, Jabar, dan Bali sudah lampaui Delta

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa tren kenaikan kasus COVID-19 yang sebelumnya berada di Pulau Jawa dan Bali bergeser ke luar Jawa-Bali.

"Penambahan kasus di Jawa Bali terlihat melambat namun terjadi peningkatan kontribusi di luar Jawa-Bali," kata Luhut Pandjaitan.

Luhut menuturkan, dalam tujuh hari terakhir, kasus COVID-19 di Provinsi Banten, Jawa Barat, dan Bali sudah melampaui puncak COVID-19 varian Delta.

Senada dengan Luhut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengungkapkan bahwa saat ini mulai terlihat kenaikan angka reproduksi kasus meningkat menjadi 1,13.

Kontribusi kasus COVID-19 di luar Jawa-Bali terhadap angka nasional, kata Airlangga, memang rendah. Namun, sejak tanggal 24 Januari lalu, tren kenaikan kasus milai terlihat.

"Kita melihat sejak 24 Januari sdah mulai terjadi lonjakan dan kita akan memonitor 2 hingga 3 minggu kedepan yang kemungkinan angkanya akan meningkat lagi karena seperti kita ketahui (kenaikan kasus) luar Jawa-Bali biasanya lebih lambat dari Pulau Jawa-Bali," jelas Airlangga.

Sebagai informasi, per tanggal 14 Februari terjadi penambahan 36.501 kasus COVID-19 baru dengan akumulasi kasus 4.844.279 kasus. Sementara, kasus aktif sebanyak 375.857 kasus.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kenaikan Angka COVID-19, Luhut: Banten, Jabar, Bali Sudah Dekati Puncak.

Selain informasi soal Kasus COVID-19 di Banten, Jabar, dan Bali sudah dekati puncak, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!