Jadi Ketua PBNU, Alissa Wahid: Ini Terobosan Penting!
Alissa Wahid. (Biro HDI/Daniel)

Bagikan:

JAKARTA – Putri KH Abdurrahman Wahid alis Gus Dur, Alissa Wahid dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa masuk dalam jajaran Ketua PBNU periode 2022-2027.

Masuknya Alissa dan Khofifah di kepengurusan Nahdlatul Ulama merupakan angin segar, karena untuk pertama kalinya dalam 96 tahun, PBNU memasukkan kalangan perempuan dalam struktur pengurus organisasi.

Jadi trobosan penting

Berbicara usai ditunjuk secara resmi, Alissa Wahid menyambut baik keterwakilan perempuan di struktur kepengurusan PBNU yang baru. Namun Allisa menegaskan, selama ini NU sebenarnya sudah membuka ruang lebar bagi unsur perempuan.

"Ini sebuah terobosan sangat penting dalam sejarah perjalanan NU. Walaupun sejak awal NU, ruang perempuan sudah sangat besar, " kata Alissa di kantor PBNU, Jakarta, Rabu 12 Januari.

Kata Alissa, dalam setiap acara, NU selalu memberikan ruang besar bagi para nyai. Dan bukan hanya urusan mengurusi kiai, tapi diperbolehkan aktif mengurusi kegiatan-kegiatan di ruang publik.

"Jadi ini hanya soal waktu dan waktunya dipilih saat ini," lanjut dia.

Alissa berharap keterpilihan dia dan Khofifah menjadi ketua PBNU juga sebagai pintu gerbang untuk membuka lagi perempuan NU bisa berperan besar dalam berbagai acara.

Gus Yahya memang memasukkan dari kalangan perempuan dalam susunan pengurus ini.

"Baru kali ini, setelah 96 tahun usia NU, kaum perempuan diakomodasi dalam susunan harian PBNU," katanya.

Kata dia, NU akan mengambil jarak yang secara sama setara dengan berbagai sudut kepentingan politik. Caranya dengan mengakomodasi berbagai elemen kepentingan dari sudut poltiik supaya bisa saling mengontrol.

"Supaya jarak NU dengan berbagai partai politik tetap sama," jelas dia.

Gus Yahya memilih Saifullah Yusuf sebagai sekretaris jenderal dan menunjuk Mardani H Maming sebagai bendahara umum PBNU.

Artikel ini telah tayang dengan judul Putri Gus Dur dan Khofifah Jadi Ketua PBNU, Alissa Wahid: Ini Hanya Soal Waktu.

Selain informasi soal Alissa Wahid jadi Ketua PBNU, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!