Begini Cara mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas Pestisida
Ilustrasi Mencuci Buah dan Sayur (Any Lane/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR – Cara mencuci buah dan sayur yang benar wajib diketahui oleh setiap orang, mengingat sebagian buah dan sayuran yang Anda beli di pasar memiliki kandungan pestisida.

Pestisida merupakan zat kimia yang dimanfaatkan untuk membasmi hama pada tanaman. Nah, pestisida bisa masuk ke tubuh melalui buah dan sayur yang tidak dicuci dengan benar.

Menurut penelitian, pestisida yang masuk ke dalam tubuh akan merusak sel tubuh dan mengganggu kinerja organ tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mencuci buah dan sayur agar bebas pestisida.

Dihimpun VOI BALI dari berbagai sumber, tips mencuci buah dan sayur yang benar agar pestisida pegi.

Merendam dalam air garam

Merendam sayur dan buah di dalam air garam selama 20 menit efektif untuk menghilangkan residu pestisida. Setelah direndam air garam, bilas terlebih dahulu dengan air bersih kemudian buah dan sayur-sayuran siap diolah menjadi hidangan.

Merendam dalam air cuka

Cuka merupakan zat asam kuat yang dapat menghilangkan pestisida dan membunuh kuman yang ada pada buah dan sayuran. Siapkan baskom yang sudah diisi air lalu tambahkan semangkuk cuka. Cuci buah dan sayuran sampai bersih lalu bilas dibawah air mengalir.

Baking soda

Salah satu langkah efektif untuk menghilangkan residu pestisida adalah dengan menggunakan baking soda. Campurkan baking soda kedalam wadah yang telah diisi air, kemudian rendam buah dan sayuran selama 15 menit dan bilas sampai bersih.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Tepat agar Terbebas dari Pestisida.

Selain informasi soal cara mencuci buah dan sayur agar bebas pestisida, simak perkembangaan situasi terkini hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!