Wakapolda Bali Wanti-wanti Personel untuk tidak <i>Over Acting</i> saat Tindak Pelaku Kejahatan
Wakapolda Bali Brigjen I Ketut Suardana /FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

DENPASAR – Wakapolda Bali Brigjen I Ketut Suardana mewanti-wanti personel yang bertugas agar tidak over acting saat menindak pelaku kejahatan.

Selain itu, Brigjen Suardana juga menyarankan agar aparat bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Bagi personel saat melakukan penangkapan terhadap pelaku tindak kejahatan di lapangan terkait dengan upaya paksa untuk memperhatikan proses penangkapan, jangan over acting dengan mengunggah di media sosial sebelum adanya konferensi pers dari pimpinan," kata Wakapolda Bali dalam keterangan tertulis dikutip VOI dari Antara, Jumat, 19 November.

Polri sedang hadapi krisis kepercayaan

Suardana mengatakan peran pimpinan dalam penerapan peraturan sebagai anggota Polri agar dipahami dengan baik, terutama dalam memberikan hukuman kepada personel yang melakukan pelanggaran.

"Hal itu perlu dipahami karena setiap orang dapat berpotensi melakukan bunuh diri dalam menghadapi masalah sehingga apa pun masalahnya harus dikelola dengan baik dan hati yang baik," sambungnya.

Wakapolda Bali mengatakan, Polri saat ini sedang menghadapi krisis kepercayaan masyarakat karena kelalaian dan tindakan yang dilakukan oleh beberapa oknum anggota Polri.

"Jadi mulai sekarang tolong semuanya harus benar memahami tugas dengan baik," ujar Brigjen Suardana.

Wakapolda Bali juga menyampaikan arahan Kapolri terkait pelaksanaan mitigasi dan pencegahan pelanggaran anggota. Jadi apabila ada personel yang melakukan pelanggaran agar diambil tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selain itu, peran pimpinan dalam hal ini Kapolres dan unsur pimpinan lain juga diperlukan dalam melakukan upaya pencegahan pelanggaran personil dengan memberikan pengarahan sesuai SOP sebelum melaksanakan tugas, untuk meminimalisir kesalahan.

"Sebagai anggota Polri semuanya harus menyadari juga sebagai warga masyarakat agar tidak berbuat arogan di lapangan dan harus memegang prinsip melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," tegas Brigjen Suardana.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wakapolda Bali: Polisi Jangan Over Acting Unggah di Medsos saat Tindak Pelaku Kejahatan.

Selain informasi soal Wakapolda Bali wanti-wanti personel tidak over acting saat dindak pelaku kejahatan, simak perkembangan situasi terkini hanya di bali.voi.id. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!