Masuk PPKM Level 4, Bali Dapat Bantuan 50 Ribu Masker dari BNPB
Ilustrasi. (Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mendapat bantuan 50 ribu masker dari Badan Nasionnal Penanggulangan Bencana (BNPB), terkait masuknya wilayah tersebut pada Level 4 dalam penerapan PPKM hingga 2 Agustus mendatang.

"Kami menyampaikan terima kasih atas perhatian dari pemerintah pusat kepada masyarakat Bali," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali Made Rentin, saat menerima bantuan masker tersebut di Denpasar, Rabu, 28 Juli, dikutip dari Antara.

6 Kabupaten di Bali masuk PPKM Level 4

Menurut Rentin, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri, di Bali terdapat tiga kabupaten yang berada pada Level 3 dan enam kabupaten yang berada pada Level 4.

"Namun, berdasarkan asas kebersamaan dan hal tersebut telah dituangkan dalam SE gubernur, maka seluruh kabupaten di Bali menerapkan PPKM Level 4," ujar Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Bali itu.

Untuk itu, bantuan masker tersebut akan didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Bali melalui satgas di masing-masing kabupaten.

Ia berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, karena memakai masker merupakan salah satu prioritas dalam pencegahan penularan COVID-19.

"Saya juga menyampaikan bahwa kondisi Bali saat ini kasus COVID-19 masih fluktuatif," ujarnya.

Terkait hal tersebut, berbagai upaya penanganan telah dilakukan, baik dari penambahan BOR, ketersediaan obat-obatan, pelayanan kesehatan, termasuk oksigen liquid yang saat ini terjadi kelangkaan.

"Untuk itu, kami minta agar pemerintah pusat dapat membantu Bali dalam mencukupi ketersediaan oksigen tersebut," kata Rentin.

Sementara itu, Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Johny Sumbung mengatakan pemakaian masker memang menjadi perhatian yang sangat utama.

Untuk itu, pemerintah mengupayakan bantuan masker untuk masyarakat Indonesia. "Kami berharap para satgas di kabupaten/kota dapat mendistribusikan masker tersebut secara merata, sehingga masyarakat, khususnya lapisan bawah, dapat tersentuh semuanya," katanya.

Johny Sumbung menambahkan, selain penyerahan bantuan masker, pihaknya juga akan langsung terjun ke kabupaten/kota untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap posko penanganan COVID-19, sehingga pihaknya dapat mengatahui kondisi riil yang terjadi di lapangan.

Selain informasi soal Bali dapat bantuan 50 ribu masker dari BNPB, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!