Menurut Riset, Ini 5 Manfaat Memelihara Tanaman Hias Indoor
Ilustrasi tanaman hias indoor. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – enurut riset, memelihara tanaman hias indoor tak hanya bagus secara estetika tapi juga punya banyak manfaat positif bagi diri sendiri, mulai dari meningkatkan konsentrasi dan produktivitas hingga 15%, mengurangi stres, serta memperbaiki mood!.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut manfaat memilihara tanaman hias indoor:

Melawan sick building syndrome

Sering merasa stres atau kurang sehat di kantor? Bisa jadi Anda mengalami sick building syndrome yang merupakan kondisi kesehatan seperti pusing kepala dan masalah pernapasan yang umum menyerang para pekerja kantoran. Penyebabnya adalah lingkungan kantor yang kurang kondusif seperti ventilasi buruk, tingkat karbondioksida yang tinggi di satu ruangan, hingga efek pendingin ruangan (AC). Adanya tanaman di dalam ruangan kantor dapat menstabilkan denyut jantung, membantu masalah pernapasan, hingga mengurangi stres dan kecemasan untuk meningkatkan produktivitas.

Menghias ruangan

Satu tanaman hijau saja sudah dapat membuat ruangan paling polos sekalipun terlihat segar. Saat ini banyak tanaman indoor yang sedang naik daun karena bentuknya yang cantik dan Instagrammable seperti Monstera, Philodendron, Lili Paris, dan sebagainya. Namun, tak harus merogoh kocek dalam-dalam, tanaman indoor sederhana pun tetap akan terlihat menarik bila diletakkan dalam wadah yang unik. Mulai dari vas, pot gantung, perabotan vintage, hingga wadah terrarium atau kokedama, bola lumut khas Jepang yang bisa digantung sebagai dekorasi.

Memurnikan udara

NASA pernah meneliti bahwa tanaman dalam ruangan mampu menghilangkan sampai 87 persen racun di udara dalam waktu 24 jam. Selain itu, tanaman di dalam ruangan pun bisa menjaga kelembapan udara yang melindungi kita dari masalah pernapasan, batuk, dan sakit tenggorokan. Salah satu tanaman hias yang sedang hits adalah Lidah Mertua (Sansevieria) yang dipercaya tak hanya mampu menyerap polutan dalam udara, tapi juga menyerap radiasi berbahaya dari barang-barang elektronik dalam ruangan.

Membantu tidur lebih nyenyak

Banyak yang berasumsi tidur dekat tanaman tidak baik bagi tubuh karena akan berebut oksigen di udara. Namun, beberapa tanaman seperti anggrek, lidah buaya, sukulen, lidah mertua, dan palem kuning justru mengubah karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen di malam hari yang membuat tidur Anda lebih lelap. Beberapa tanaman lain seperti melati, lavender, dan gardenia bisa membantu tidur lebih pulas bila diletakkan di kamar tidur karena memiliki aroma menenangkan yang bisa membuat pikiran relaks.

Mengurangi stres dan depresi

Ada studi yang menunjukkan menyentuh daun tumbuhan selama 2 menit bisa menurunkan tingkat stres. Merawat tanaman juga bisa menjadi salah satu cara melawan rasa depresi dan kesepian karena akan menumbuhkan motivasi dan memberikan kepuasan saat melihat tanaman yang Anda rawat mulai tumbuh.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menurut Riset, Ini Manfaat yang Bisa Didapat Jika Memelihara Tanaman dalam Ruangan.

Selain informasi soal manfaat memelihara tanaman hias indoor, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!