Selain Menambah Wawasan, Ini 6 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur
Ilustrasi membaca buku sebelum tidur. (Pexels/cottonbro).

Bagikan:

DENPASAR – Aktivitas membaca sebelum tidur selain bagus untuk menambah wawasan, juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

Anda tidak perlu membaca buku yang berat, cukup dengan membaca cerita fiksi saja kamu sudah bisa menambah wawasan walaupun hanya kosa kata sederhana.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Berikut sederat manfaat membaca sebelum tidur:

Mengurangi stres

Ketika pikiran penat dan penuh dengan tugas maupun pekerjaan, membaca terbukti secara ilmiah dapat mengurangi stres. Menurut studi, membaca justru lebih efektif dibandingkan berjalan-jalan ataupun minum teh. Dalam kondisi pikiran yang rilek, Anda juga akan lebih mudah terlelap.

Meningkatkan memori

Membaca juga meningkatkan daya ingat dalam jangka waktu yang panjang apabila dilakukan setiap malam sebelum tidur. Manfaat membaca sebelum tidur yang kedua ini juga sempat dibuktikan dalam studi yang dilansir Bustle, Minggu, 13 Juni.

Membaca bisa meningkatkan empati

Mungkin Anda bertanya-tanya apa hubungannya membaca sebelum tidur dengan empati. Membaca buku fiksi dan sastra menurut studi ilmiah berkontribusi pada penghargaan atas diri sendiri. Semakin seseorang menghargai dirinya sendiri, maka semakin tinggi penghargaan terhadap orang disekitarnya.

Meminimalisir penggunaan teknologi sebelum tidur

Layar gawai yang terang ditambah bikin lupa waktu ketika menggulir setiap halaman media sosial membuat jam tidur tertunda. Belum lagi risiko negatif pada mata. Maka, hal positif yang perlu Anda pertimbangkan adalah membaca buku.

Memperkaya imajinasi

Inovasi lahir dari imajinasi, maka membaca adalah pendorong untuk menciptakan inovasi-inovasi baru. Dengan membaca rutin, Anda juga lebih banyak menangkap hal-hal out of the box. Anda juga dapat memanen inspirasi untuk kerja-kerja produktif.

Punya rutinitas sebelum tidur

Begitu pentingnya memiliki rutinitas termasuk yang dilakukan sebelum tidur. Rutinitas mengatur bagaimana otak bekerja dan mengenali kapan waktunya tidur. Apabila Anda melakukan aktivitas baca buku sebelum tidur, maka tubuh dan otak akan mengenali atau menganggap sebagai tanda sudah waktunya istirahat.

Membaca buku sebelum tidur apabila sudah jadi rutinitas, masalah kurang tidur maupun insomnia bisa teratasi.

Buku apa yang paling Anda sukai? Mulai dari memilih dari yang paling Anda sukai bisa dibiasakan untuk membaca sebelum tidur dan mereguk manfaatnya untuk kesehatan.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Manfaat Membaca Buku sebelum Tidur, Anda Sering Melakukannya?

Selain informasi soal manfaat membaca buku sebelum tidur, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!