Penyebab Kantung Mata Hitam dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Apakah Anda memiliki lingkaran hitam di area kantung mata? Jika ya, Anda tidak sendiri. Kantung mata yang menghitam atau sering disebut mata panda merupakan kondisi umum yang sering terjadi. Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun juga mengalaminya.

Penyebab munculnya kantung mata hitam

Biasanya, kantung mata hitam disebabkan oleh kurangnya waktu tidur. Bisa jadi karena Anda beraktivitas sampai larut malam, stres karena banyak masalah yang belum diselesaikan, hingga persoalan sepele seperti menonton beberapa musim serial drama.

Munculnya lingkaran hitam di bawah mata menandakan bahwa sudah seharusnya Anda memprioritaskan tubuh agar segera beristirahat.

Meski sekarang sudah banyak dijual krim untuk menyamarkan kantung mata hitam, alangkah lebih baik Anda coba mengatasinya dengan mengatur jadwal tidur atau bahkan jika memungkinkan menambah jam istirahat untuk menghapus mata panda tersebut.

Mengutip informasi dari laman Healthdigest, lingkaran hitam yang tiba-tiba muncul di bawah mata biasanya disebabkan oleh kelelahan. Terkadang lingkaran hitam ini merupakan sebuah ilusi yang disebabkan oleh bayangan yang muncul dari kelopak mata bengkak.

Jika Anda kekurangan waktu tidur, bisa saja cairan menumpuk di kelopak mata dan membuatnya bengkak sehingga mulai membentuk bayangan.

Lanjut lagi, Mayo Clinic juga berbagi penyebab lain dari kantung mata hitam. Penyebab tersebut bisa jadi karena alergi, eksem, pigmen kulit berlebih, paparan sinar matahari, dan faktor genetik.

"Area bawah mata adalah salah satu area tipis dan mudah diabaikan dalam perawatan kulit dasar. Ada komponen genetik kuat pada lingkaran hitam, yang di luar kendali manusia," kata Paul Jarrod Frank, dokter kulit kosmetik di Kota New York, Amerika Serikat.

Faktor lain penyebab mata panda adalah tanda penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih tipis. Lemak dan kolagen dalam kulit akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Saat hal itu terjadi, pembuluh darah gelap di bawah kulit akan lebih terlihat dan mulai membuat area di bawah mata menjadi gelap.

Jadi entah itu karena kurang tidur, faktor genetik, atau hanya proses penuaan alami, kantung mata hitam tidak membahayakan, dan bukan merupakan gangguan kesehatan.

Cara mengatasi kantung mata hitam

Untuk mencegah atau menghilangkannya tanpa bantuan krim apapun, Anda disarankan memiliki waktu tidur cukup, hindari stres berlebih, serta konsumsi sayur serta buah-buahan. Jangan lupa rajin berolahraga juga harus masuk dalam agenda.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Katung Mata Hitam Muncul Tiba-tiba? Segera Kenali Penyebabnya.

Selain informasi soal penyebab munculnya kantung mata hitam, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!