Pemerintah Godok Startup Digital Jadi Mata Kuliah Wajib di Perguruan Tinggi
Ilustrasi kuliah startup digital

Bagikan:

DENPASAR – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) berencana menjadikan startup digital sebagai mata kuliah wajib di perguruan tinggi. Saat ini rencana tersebut sedang digodok oleh kemendikbud-Ristek dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Mata kuliah startup digital akan diimplementasikan tahun 2022

Rencananya, mata kuliah ini akan digelar mulai 2022 mendatang. Demikian pernyataan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Paristiyanti Nurwardani dalam pesan elektronik yang diterima wartawan, Rabu, 12 Mei.

"Tujuan dari wacana itu untuk mendorong partisipasi mahasiswa dalam membangun startup,” kata Paristiyanti yang akrab disapa paris.

Biar mulus, tahun ini para dosen yang mengajar mata kuliah tersebut telah dilatih. Target Kemendikbudristek pada tahun depan sudah ada 100 ribu mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut.

"Nantinya, tim yang lolos seleksi pengembangan startup (mahasiswa yang mengikuti mata kuliah) akan mendapat bimbingan yang lebih intensif agar bertahan jangka panjang serta bisa masuk ke platform Kedaireka atau inkubator bisnis kampus," tutur Paris.

Paris menyatakan persiapan pembuatan mata kuliah startup digital bakal bekerjasama dengan program bertajuk 1.000 Startup Digital, gerakan yang diluncurkan Kominfo 2019 lalu ketika Rudiantara menjabat sebagai menteri.

Program ini disebut jadi wadah pemberi pendampingan dan pemberdayaan dunia startup digital di Indonesia, yang terdiri atas enam tahapan, yakni ignition: seminar daring dari pelaku dan regulator industri startup, networking: kegiatan antar peserta, workshop: pembekalan pengetahuan teknis dan nonteknis membangun startup, hacksprint: aktivitas membuat produk minimum siap uji, bootcamp bimbingan mentor dan incubation: mentoring khusus.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Mendikbud-Ristek Nadiem Rencanakan Startup Digital Mata Kuliah Wajib Pada 2022.

Selain informasi soal mata kuliah startup digital, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!