Kenali 3 Hobi untuk Hilangkan Stres, Nggak Mahal dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi berkebun.

Bagikan:

DENPASAR – Sebagian besar orang pasti pernah mengalami stres, mengingat setiap aktivitas yang dilakukan bisa menyebabkan stres, kendati hanya stres ringan.

Stres adalah respon tubuh terhadap ancaman, bahaya, atau perubahan. Akan tetapi, Ketika seorang mengalami stres ekstrem, hal tersebut justru akan berdampak buruk bagi Kesehatan.

Meski demikian, Anda bisa menghilangkan stres dengan melakukan hobi tertentu. Apa saja? Berikut kami sajikan informasi lengkapnya.

3 Hobi untuk hilangkan stres 

1. Berkebun

Hobi sederhana untuk menghilangkan stres yang pertama adalah berkebun. Berdasarkan penelitian dari Journal of Health Psychology, aktivitas berkebun dapat menurunkan hormone stres kortisol dan meningkatkan lebih banyak mood positif daripada aktivitas santau lainnya seperti membaca.

2. Mendengarkan musik

Hobi sederhana kedua yang dapat menghilangkan stres adalah mendengarkan musik. Mengapa? Karena musik memiliki efek yang menenangkan dan dapat digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan stres.

3. Merajut

Hobi sederhana terakhir yang dapat menghilangkan stres adalah merajut. Gerakan rajutan yang berulang diyakini dapat membuat seseorang merasa nyaman dan damai, seperti Ketika melakukan meditasi.