Kenali 3 Hobi Sederhana yang Bisa Membuatmu Makin Cerdas
Ilustrasi. (Freepik)

Bagikan:

DENPASAR – Menjalankan hobi rupanya dapat menstimulus otak kita agar tetap berkembang. Tak hanya berkembang terkait dengan pekerjaan, namun juga berkembang dalam menyimbangkan pola hidup. Nah, ada beberapa hobi sederhana yang dapat membuat kita lebih cerdas. Apa saja? Berikut kami sajikan informasi lengkapnya.

3 Hobi sederhana yang bikin cerdas

Dirangkum VOI dari berbagai sumber, ada tiga hobi sederhana yang dapat membuat seseorang menjadi cerdas, antara lain:

1. Membaca

Sudah menjadi rahasia umum jika membaca dapat memengaruhi tingkat kecerdasan seseorang. Semakin banyak Anda membaca buku, semakin banyak pula pengetahuan yang akan Anda dapat.

Jangan ragu untuk merogoh kocek lebih dalam untuk membeli buku. Bacalah buku sebanyak mungkin, terlebih saat Anda masih berusia muda. Perlu diketahui, membaca juga merupakan salah satu cara untuk menjaga memori jangka panjang.

2. Menulis

Tidak semua orang punya kemampuan menulis yang baik. Akan tetapi, hal tersebut bisa diasah. Untuk melatihnya, mulailah dengan mencatat hal-hal kecil setiap harinya sebanyak 300-400 kata.

Selain membantu mengingat hal-hal penting, menulis juga bermanfaat untuk melatih kecerdasan emosial, kepercayaan diri, kreativitas, fokus, hingga imajinasi.

3. Bermain musik

Selain dapat membantu mengembalikan mood, bermain musik ternyata juga bisa menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri.

Apabila Anda belum menguasai alat musik, seperti piano, gitar, biola dan lain sebagainya, Anda bisa mulai belajar memainkannya. Namun, jika Anda lebih memilih untuk menjadi penikmat musik, Anda bisa mendengarkan musik favorit Anda.