Berita Bali Terkini: Atlas Beach Fest Lepas Ribuan Tukik di Pantai Berawa
Kegiatan pelepasan penyu oleh ATLAS Beach Fest Care. ANTARA/HO-ATLAS Beach Fest Care Bali

Bagikan:

DENPASAR - Atlas Beach Fest bersama Turcle Conservation and Education Center melepaskan ribuan ekor tukik alias anak penyu di Pantai Berawa, Kabupaten Badung, Bali. Pelepasan melibatkan seluruh wisatawan dan masyarakat yang hadir di kawasan tersebut.

"Hingga saat ini sudah sekitar 16 ribu lebih tukik yang kami lepas di Pantai Berawa. Kegiatan ini secara rutin berlangsung setiap hari Rabu dan Sabtu sejak 27 Juli 2022 hingga berakhir pada 1 Oktober 2022 mendatang," ujar Humas Atlas Beach Fest Care Tony Dimas, Senin, 8 Agustus.

Bentuk tanggung jawab lingkungan

Dia mengatakan, sebelumnya, Atlas Beach Fest meraih penghargaan rekor MURI untuk pelepasan tukik terbanyak di Indonesia yang mencapai 15.000 ekor secara konsisten dan terukur.

Menurutnya, hal tersebut bentuk tanggung jawab kami bagi lingkungan hidup yang ada di sekitar lokasi usaha. Selain kegiatan lepas tukik, pihaknya juga konsisten melakukan pembersihan pantai secara berkala dengan melibatkan banyak orang.

"Kami yakin keseimbangan lingkungan hidup juga akan berdampak besar bagi masyarakat. Kami juga rutin bekerja sama dengan desa dan banjar serta menyasar warga yang membutuhkan bantuan bahan pokok. Jadi kami konsisten dalam tanggungjawab sosial masyarakat dan lingkungan hidup," katanya.

Tony Dimas menambahkan, selain melibatkan masyarakat, Atlas Beach Fest juga memiliki agenda rutin membersihkan pantai berawa di sekitar Atlas Beach Fest.

"Bersih-bersih sampah dilakukan setiap hari di daerah Pantai Berawa. Kami juga mengundang karyawan sebulan sekali bersama sama membersihkan pantai untuk menjadikan Bali yang bersih dan nyaman bagi tujuan pariwisata," ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan TCEC Edy Semaraenjelaskan, kerja sama dengan Atlas Beach Fest merupakan wujud kolaborasi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat maupun turis sekitar mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan tukik.

"Kami berharap pelepasan tukik ini membantu membudidayakan serta membantu ekosistem laut," ujarnya.

Atlas Beach Fest merupakan destinasi wisata yang terletak di Pantai Berawa dengan areal seluas 29.000 meter persegi dan menjadi beach club terbesar di Asia

Atlas Beach Fest bekerja sama dengan 15 restoran lokal, 36 tenant yang menjual cemilan dan minuman lokal. Selain itu Atlas Beach Fest juga memberikan fasilitas bagi UMKM di Bali dengan menyediakan lokasi bazar gratis selama satu bulan kepada 34 UMKM lokal terpilih yang ditargetkan terlaksana bulan Oktober.

Artikel ini telah tayang dengan judul Atlas Beach Fest lepaskan ribuan ekor tukik di Pantai Berawa, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.