Luhut Pandjaitan Usul Kendaraan Listrik Jadi Alat Transportasi di Objek Wisata
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

DENPASAR - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan untuk membuat pilot project kendaraan listrik (electric vehicle/EV) sebagai alat transportasi di objek-objek wisata seperti Bali dan Candi Borobudur, Jawa Tengah. 

Usulan tersebut disampaikan luhut dalam acara acara peluncuran tampilan baru kendaraan listrik Grab Indonesia yakni Grab Electric di Gedung Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa 12 Juli.

"Tadi saya dengan Menhub, Bahlil (Menteri Investasi), Darmo (Dirut Utama PLN Darmawan Prasodjo) kita mungkin usulin bikin beberapa pilot project, langsung semua sepeda motor EV," kata Luhut, dikutip dari VOI

"Saya kira bagus, kita coba bikin pilot project di Bali, di Borobudur, beberapa destinasi wisata, nanti kita kaji," sambung.

Kendaraan listrik bisa pakai baterai lokal 

Luhut mengatakan usulan rencana sepeda motor listrik tersebut bisa dikonversikan dengan baterai buatan dalam negeri. Sehingga, 2,5 tahun ke depan rencana tersebut bisa terealisasikan.

"Dan itu bisa dikonversi dengan baterai listrik buatan dalam negeri. Dalam 2,5 tahun apabila bisa kita buat, itu bagus," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Luhut mengatakan Indonesia harus berani melakukan terobosan terkait pengembangan kendaraan berbasis elektrik. Apalagi, kata Luhut, perekonomian Indonesia dianggap stabil dibanding negara lain saat pandemi COVID-19.

"Kita harus berani melakukan terobosan. Jadi, biar Indonesia itu hebat, yang mau bikin kita hebat itu kita, sekarang negara kita perekonomian termasuk yang terbaik di dunia dalam kondisi seperti ini," ucapnya.

Luhut juga mengapresiasi langkah Grab dalam menghadirkan 8.500 armada kendaraan listrik di dalam negeri. Adapun mayoritas dari armada tersebut adalah sepeda motor listrik.

"Saya kira Grab memainkan peran luar biasa, bicara energi hijau dan pengurangan emisi karbon," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Usul Motor Listrik Jadi Alat Transportasi di Destinasi Wisata, Menko Luhut Siapkan Pilot Project di Bali Hingga Borobudur

Selain informasi soal Luhut usul kendaraan listrik jadi alat transportasi di objek wisata, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.