Kasus COVID-19 Melonjak Gegara Subvarian Omicron, Pemerintah Cek Ketersediaan Tempat Tidur Pasien di Rumah Sakit
Ilustrasi virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 (Pixabay)

Bagikan:

DENPASAR - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo menyebut pemerintah terus memeriksa secara cermat ketersediaan tempat perawatan pasien COVID-19 di rumah sakit serta mengecek stok obat dan oksigen untuk mengantisipasi penyebaran virus corona SARS-CoV-2 sub varian Omicron BA.4 dan BA.5. 

"Kita tidak boleh lengah, jangan terjegal menjelang finis," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin 13 Juni, dikutip dari VOI

Subvarian Omicron sebabkan peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia 

Menurut keterangan KSP, kasus COVID-19 harian kembali meningkat dalam satu bulan usai Lebaran 2022.

KSP, yang mengutip data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), menyebutkan terjadi peningkatan kasus harian seperti pada 9 Juni 2022, yang mencatatkan penambahan hingga 556 kasus. Kenaikan kasus tersebut diakibatkan varian baru yang sudah masuk ke Indonesia. yakni Omicron BA.4 dan BA.5.

Meski terjadi peningkatan kasus, menurut dia, tingkat penularan COVID-19 di Indonesia masih terkendali karena acuan dari "positivity rate" dan tingkat transmisi kasus rendah.

Masyarakat diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan segera memperoleh vaksin booster atau vaksin dosis ketiga.

“Kenaikan angka kasus kita lihat sebagai 'warning'. Kalau kita mau menjaga Indonesia tetap 'on track' menuju endemi maka kita jangan abai protokol kesehatan dan jangan menolak vaksin booster," kata Abraham Wirotomo.

COVID-19 sub-varian baru Omicron BA.4 dan BA.5 telah terdeteksi di Indonesia. Sub-varian tersebut diketahui memiliki tingkat kesakitan rendah pada pasien yang terkonfirmasi positif.

Kasus sub-varian baru BA.4 dan BA.5 pertama kali dilaporkan di Indonesia pada 6 Juni 2022. Terdapat 4 kasus yakni satu orang positif BA.4 dan tiga orang positif BA.5.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kasus COVID-19 Mulai Meningkat, Pemerintah Cek Ketersediaan RS-obat Antisipasi Omicron BA.4-BA.5

Selain informasi soal pemerintah cek kapasitas rumah sakit dan obat untuk antisipasi penyebaran subvarian Omicron, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.

Terkait