Berita Bali Terkini: Polda Bakal Usut Kasus Bule Estonia yang Sebut Polisi Bali Koruptor
Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra/FOTO: DAFI VOI

Bagikan:

DENPASAR - Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra menegaskan, pihaknya bakal mengusut kasus bule Estonia bernama Valeria Vasilieva yang menyebut polisi Bali koruptor karena meminta uang ke turis asing. 

"Yang jelas delik khusus pasti ditangani di krimsus. Itu dalam proses penyidikan. Kalau misalnya ada pelanggaran hukum akan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku dan ditegakkan secara berkeadilan," kata Irjen Putu di Denpasar, Bali, Kamis, 19 Mei.

Kapolda Bali meminta anak buahnya bekerja profesional mengusut viral bule Estonia menuding polisi korup karena meminta uang turis asing di Pulau Dewata.

"Lakukan penyidik secara profesional. Jangan, karena emosi atau apa melakukan tindakan yang diluar ketentuan. Tapi tegakkan hukum secara berkeadilan," ujarnya. 

Polda Bali selidiki keberadaan Valeria Vasilieva 

Diberitakan sebelumnya, Polda Bali masih menyelidiki keberadaan warga negara Estonia, Valeria Vasilieva, yang viral karena menuding polisi di Bali korup karena meminta uang ke turis asing.

Kasubdit V Cyber Crime Direktorat Reskrimsus Polda Bali AKBP Nanang Prihasmoko mengatakan bule Estonia Valeria diyakini belum keluar Bali berdasarkan koordinasi dengan Imigrasi Bali.

"Dia belum (keluar) Bali selama ini kita koordinasi dengan pihak imigrasi jadi sementara masih diduga di Bali," kata AKBP Nanang di Denpasar, Kamis, 19 Mei.

Soal pernyataan Valeria yang menyebut polisi di Bali korup dan menghabiskan uang turis, masih diselidiki terkait delik pidana atau pencemaran nama baik institusi. Tudingan ini dilontarkan diduga terkait Valeria ditilang.

"Kita akan melakukan penyelidikan dulu kita akan olah data-datanya sesuai dengan Undang-undang ITE di situ. Nanti bisa kita menunjukkan apa pidana atau tidak atau pencemaran terhadap institusi atau terhadap pribadi, kita menyelidiki dulu sebelum menyimpulkan hal tersebut," imbuh Nanang.

"Kita belum ketemu langsung yang bersangkutan. Jadi belum bisa istilahnya memastikan dari pernyataan dia betul apa tidak. Kita akan kroscek belum tentu apa yang disampaikan bersangkutan betul. Makanya kita akan kroscek dulu," ujar Nanang.

Usai viral, polisi melacak keberadaan bule Estonia dan diketahui Valeria menginap di hotel kawasan Badung. Tapi saat didatangi, bule Estonia itu sudah tak berada di hotel.

Artikel ini telah tayang dengan judul Viral Bule Estonia Tuding Polisi Korup, Kapolda Bali: Kalau Ada Pelanggaran Hukum Kita Proses

Selain informasi soal Polda Bali bakal usut kasus Bule Estonia yang sebut polisi Bali koruptor, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.