Bunda, Inilah Jenis Mainan yang Sesuai dengan Usia Anak
Ilustrasi. (Unsplash/Shirohata Yuri)

Bagikan:

DENPASAR - Memberikan mainan kepada anak ternyata tidak boleh asal-asalan. Bermain memang bisa membantu proses tumbuh kembang si kecil, akan tetapi, orang tua perlu memperhatikan jenis mainan yang sesuai dengan usia sang buah hati. 

Dikutip VOI dari Parenting First, berikut jenis mainan yang sesuai dengan usia anak. 

Bayi newborn hingga 2 bulan

Bayi baru lahir hingga berusia dua bulan tidak memerlukan mainan dalam bentuk apapun. Yang ia perlukan hanya kehadiran sang ibu. Untuk itu, Anda perlu menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak selama periode ini.

Jika memang ingin memberi mainan, cukup berikan mainan gantung yang mengeluarkan suara lembut dengan warna-warni cerah untuk menstimulasi pertumbuhan indera anak. Agar tidak membahayakan anak, jauhkan mainan setidaknya 8-9 inci darinya.

Usia 2 hingga 4 bulan

Selama periode ini, bayi Anda masih dapat bermain dengan mainan sebelumnya, tetapi sekarang Anda dapat memperkenalkannya dengan lebih banyak mainan baru. Rattles atau mainan kecrek warna warni, mainan berbahan lembut, boneka tangan, atau mainan portable.

Coba cari mainan yang akan membuat anak senang hanya sekilas melihat dan mainan tersebut tidak memiliki tepi yang tajam. Sederhananya, cari mainan ramah anak dengan kualitas terbaik.

Usia 4 hingga 6 Bulan

Bayi berusia 4 sampai 6 bulan mulai mengembangkan kekuatan tubuh dan kemampuan dalam mengoper, meraih, dan memukul sesuatu dengan gerakan tangannya. Ini adalah waktu terbaik untuk mengenalkan anak pada mainan yang mengeluarkan suara saat diremas atau mainan yang dapat dipukul dengan tangan, seperti softball.

Balita 4-6 bulan memasukkan semua yang ia lihat di sekitarnya ke dalam mulut. Oleh karena itu, sebelum membeli mainan periksa apakah mainan yang Anda beli, aman untuk anak jika dimasukkan ke dalam mulut. Anda perlu menjauhakn mainan kecil yang dapat membuatnua tersedak jika ditelan.

Usia 6 hingga 12 Bulan

Selama periode ini, Anda akan mengamati bahwa bayi tumbuh sangat cepat. Mainan baru dapat mencakup mainan yang dapat diambil dan lempar, pegang dan goyang dengan tangan, hingga mainan untuk meningkatkan pemahaman.

Selain mainan yang disebutkan di atas, Anda juga harus membawa beberapa mainan yang bisa menstimulasi anak untuk berdiri dan berjalan. Pada periode ini, si kecil akan mulai mengambil dukungan benda-benda di sekitarnya untuk bergerak dengan merangkak atau berjalan setelah beberapa bulan. Memindahkan objek dengan suara dan warna cerah akan menjadi pilihan yang bagus untuk membantu anak bergerak ke arah mainan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kapan Waktu yang Tepat Anak Boleh Diperkenalkan dengan Mainan? Begini Pendapat Ahli

Selain informasi soal jenis mainan yang sesuai dengan usia anak, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.