Usia Berapa Anak Boleh Diperkenalkan Skincare? Begini Jawaban Dermatologist
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR - Mulai usia berapa anak boleh diperkenalkan dengan skincare? Pertanyaan tersebut kerap muncul di benak seorang ibu, terlebih saat sang buah hati sudah memasuki masa puber. 

Terkait hal ini, ahli dermatologi dr. Ika Ayu, M.Biomed (AAM) menyebut skincare bisa diperkenalkan kepada anak saat usianya sudah menginjak 11 tahun. Akan tetapi, dengan kandungan yang ringan. 

“Kalau misalnya masih 11 atau 12 tahun bisa dikenalkan yang ringan-ringan dulu. Misalnya sabun cuci muka yang memang sesuai dengan usianya. Yang pasti pH-nya yang rendah atau seimbang,” jelas Ika, dikutip VOI dari ANTARA. 

“Sunblock juga diwajibkan. Apalagi yang sudah akhil baligh. Walaupun belum punya KTP masih 12 tahun tapi udah berminyak. Jadi sangat penting. Minimal SPF 30,” tambahnya.

Jenis skincare yang tidak boleh digunakan anak usia 11-15 tahun 

Ika menjelaskan, selain produk tersebut, anak usia 11 tahun hingga 15 tahun belum membutuhkan produk perawatan kulit lainnya. Sebab, kandungan produk lain seperti krim malam belum dibutuhkan untuk jenis kulit anak dengan rentang usia tersebut.

“Kalau untuk pemakaian krim malam dan lain-lain anak umur segitu belum perlu ya pastinya. Itu mungkin di atas 26 ya. Kalau di bawah umur, yang awal-awal kenalkan dulu aja skincare yang ringan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Ika mengingatkan agar para remaja tak sembarang mengikuti tren skincare yang ada. Sebelum membeli skincare, mereka perlu mengetahui terlebih dulu jenis kulit masing-masing. Jika sembarangan menggunakan skincare sesuai tren yang ada, hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit. Terlebih, anak dengan rentang usia 11 hingga 15 tahun masih tergolong rentan.

“Sebelum kita beli skincare, yang pertama kali adalah kita harus kenal kulit kita dulu. Mengenali kulit itu sangat penting. Karena jenisnya macam-macam. Jangan ikut-ikutan teman atau jangan ikut-ikutan artis Korea. Karena belum tentu kulit kalian sama dengan mereka,” papar Ika.

“Selain itu, nggak bisa disamain juga kulit Indonesia dengan kulit Korea. Apalagi bule. Terlepas dari apa yang tren di luar sana, kita harus kembali lagi ke diri kita. Karena belum tentu cocok,” lanjutnya.

Terakhir, Ika juga mengingatkan agar membeli produk perawatan wajah yang memang benarbenar dibutuhkan oleh kulit. Dengan demikian, perawatan pun akan lebih optimal diserap oleh kulit.

“Kedua, harus tahu kandungannya. Apakah kita sudah perlu? Misal umur 17 sampai 21 tahun. Apakah perlu pakai anti-aging? Jadi selain sesuai jenis, sesuaikan kebutuhan juga dengan umur,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Catat Bunda, Ini Umur yang Tepat untuk Perkenalkan Skincare pada Anak

Selain informasi soal umur yang tepat untuk memperkenalkan skincare pada anak, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.