Jangan Konsumsi Vitamin C Berlebih, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan
Ilustrasi vitamin C (Polina Tankilevitch-Pexels)

Bagikan:

DENPASAR - Vitamin C merupakan antioksidan terbaik yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, mencegah kekurangan zat besi, serta mengelola tekanan darah tinggi. Hanya saja, konsumsi vitamin C dalam jumlah berlebih ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan

Lantas, apa saja bahaya minum vitamin C dalam jumlah berlebih? Dikutip VOI dari Medical News Today, berikut dampak yang mungkin terjadi pada tubuh jika berlebihan konsumsi vitamin C. 

Terkena penyakit batu ginjal

Para ahli kesehatan percaya jika terlalu banyak mengonsumsi vitamin C dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan asam oksalat dan zat purin dalam urin. Kedua senyawa ini dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Hal ini terbukti saat penulis jurnal Kidney International melaporkan bahwa seorang wanita memiliki batu ginjal setelah mengonsumsi 4 gram atau lebih vitamin C setiap hari selama 4 bulan.

Namun, para peneliti belum melakukan studi dengan skala yang lebih besar terkait pembentukan batu ginjal dengan konsumsi vitamin C. Meski begitu, mereka yakin bahwa orang dengan riwayat batu ginjal lebih mungkin terkena batu ginjal lagi setelah konsumsi vitamin C dalam jumlah besar.

Nutrisi tubuh kurang seimbang

Selain itu, konsumsi vitamin C berlebih juga dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam memproses nutrisi lain. Misalnya, vitamin C dapat mengurangi kadar vitamin B-12 dan tembaga dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan vitamin C berlebih dalam tubuh juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi sehingga menyebabkan tingginya kadar zat besi dalam tubuh.

Menyebabkan Osteofit

Menurut Arthritis Foundation, sebuah penelitian menemukan bahwa adanya kadar vitamin C yang sangat tinggi dalam tubuh meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami osteofit. Osteofit merupakan kondisi munculnya benjolan tulang yang tumbuh di sekitar sendi atau pada tulang.

Namun, studi penelitian lain pun menemukan jika orang dengan kadar vitamin C rendah memiliki risiko lebih tinggi terkena rheumatoid arthritis, kondisi peradangan sendi yang menyakitkan.

Jadi, perlu ditekankan untuk mengonsumsi vitamin C pada batas wajar, tidak terlalu banyak pun tidak terlalu sedikit.

Artikel ini telah tayang dengan judul Efek Buruk Mengonsumsi Vitamin C Berlebihan, Bukan Makin Sehat Justru Mengundang Penyakit

Selain informasi soal dampak konsumsi vitamin C dalam jumlah berlebih, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.

Terkait