Tak Bisa Pulang ke Rumah Saat Libur Lebaran? Begini Cara Mengatasi Homescik
Ilustrasi (FG Trade/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR - Libur lebaran adalah momen untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, apa jadinya jika Anda tidak bisa mudik karena masalah pekerjaan atau hal lainnya? Bisa jadi, Anda akan mengalami homesick. 

Homesick merupakan rasa rindu yang amat sangat, yang muncul saat seseorang jauh dari rumah atau keluarga dalam waktu sangat lama. 

Homesick memang wajar, terutama untuk Anda yang sudah lama tinggal di rumah dan sudah sangat nyaman dengan kota yang ditinggali sebelumnya.

Bagi Anda yang sedang mengalami hal tersebut, tidak perlu takut untuk mencoba hal baru ketika hidup di perantauan. Inilah enam tips menghadapi homesick yang VOI sadur dari Choosing Therapy.

Sadari rindu kampung halaman adalah perasaan normal

Homesick bisa menimbulkan ragam emosi seperti sedih, khawatir, dan marah. Semua reaksi ini normal. Jangan pernah coba menyangkal sebab Anda hanya akan semakin terjerat dalam perasaan tak menentu. Alih-alih menghakimi diri sendiri karena perasaan homesick, yakinlah pada titik tertentu, perasaan ini akan hilang.

Latihan mindfulness dan meditasi bisa jadi cara efektif melatih penerimaan diri dan toleransi terhadap emosi. Anda dapat mencoba salah satu dari latihan ini dengan mengikuti kelas, mendengarkan rekaman, atau berlatih sendiri dengan duduk tenang dan mengamati emosi tanpa menghakimi.

Telusuri area baru di sekitar 

Berani keluar dari zona nyaman adalah langkah besar dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Mungkin akan terasa menakutkan, tapi ini perlu dilakukan agar Anda bisa melangkah maju. Pertimbangkan mencari tempat, aktivitas, atau grup yang menarik minat Anda. Lakukan sesuatu yang Anda senang lakukan saat masih di rumah. Berusaha membiasakan diri dengan area baru akan membantu Anda tumbuh lebih nyaman.

Cari kesibukan

Aktivitas yang sibuk dan melelahkan dapat membuat Anda fokus terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan. Maka dari itu, dengan mencari kesibukan dapat membuat Anda lebih fokus dengan kehidupan yang baru dan secara tidak langsung tidak memikirkan orang-orang di rumah.

Simpan barang yang mengingatkan Anda akan rumah

Benda seperti foto, selimut, atau boneka dapat membantu meringankan rasa tidak nyaman karena homesick. Barang-barang tersebut berfungsi sebagai sumber kenyamanan, sehingga lebih mudah berada di lingkungan baru. Terapis menyebut ini "objek transisi". Pilih satu atau lebih item yang Anda kaitkan dengan rumah lalu simpan di dekat Anda saat merasa sedih.

Berbagi bersama teman

Teman Anda merupakan orang terdekat untuk Anda pada saat jauh dari rumah. Supaya tidak teringat suasana di rumah, Anda bisa mencoba untuk menyediakan waktu untuk quality time dengan teman terdekat Anda, seperti jalan - jalan, mencari hobi baru dan meluapkan suasana bersama-sama.

Simpan kenangan lama dan ciptakan kenangan baru

Ketika berada di lingkungan baru, kehidupan lama perlahan akan menghilang. Anda akan mencoba ragam cara untuk menghidupkan kembali memori ini. Mempertahankan ingatan lama memang membantu. Tapi penting bagi Anda menciptakan kenangan baru. Membuat memori baru di tempat baru merupakan proses move on. Anda akan tersadar kalau Anda telah membuat langkah untuk pulih dari homesick ketika Anda dapat menyimpan kenangan lama  dan membuat yang baru.

Artikel ini telah tayang dengan judul Rindu Rumah saat Merantau, Lakukan Hal Ini untuk Atasi Homesick

Selain informasi soal cara mengatasi homesick, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.