86,6 Persen Penduduk RI Sudah Punya Antibodi COVID-19, Kemenkes: Masih Ada Risiko Tertular Corona!
Virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Menurut survei serologi terbaru yang dilakukan oleh peneliti Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), sebanyak 86,6 persen masyarakat Indonesia telah memiliki antibodi COVID-19.

Menanggapai hal tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati dengan penyebaran virus corona SARS-CoV-2 kendati sebagian besar penduduk sudah memiliki antibodi COVID-19.

"Meskipun angka antibodi terhadap SARS-CoV-2 bagi responden cukup tinggi, namun bukan berarti masyarakat terbebas dari infeksi COVID-19. Antibodi yang tinggi berarti mampu mengurangi dampak gejala berat dan risiko kematian akibat terinfeksi COVID-19," kata Nadia, dikutip dari VOI, Senin, 21 Maret 2022.

Risiko infeksi masih ada

Masyarakat, lanjut Nadia, harus sungguh-sungguh menyadari bahwa meskipun antibodi yang diproduksi tinggi setelah mendapatkan vaksinasi lengkap ditambah booster, kemungkinan untuk terinfeksi COVID-19 masih ada. Hanya saja, risiko bergejala berat dan kematian akibat COVID-19 berkurang.

"Terutama bagi golongan lanjut usia dan yang memiliki komorbid sangat perlu mendapat perlindungan dari vaksinasi lengkap dan booster,” ujar Nadia.

Lebih lanjut, Nadia mengungkapkan target vaksinasi perlu dikejar lebih jauh dan lebih cepat lagi. Saat ini telah ada 194.559.612 orang yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan 154.267.349 vaksinasi dosis kedua. Lalu, vaksinasi dosis ketiga sebanyak 16.278.674. Sementara, target sasaran vaksinasi di Indonesia sebanyak 208.265.720 orang.

"Vaksinasi akan mempercepat pembentukan kekebalan kelompok di populasi penduduk Indonesia, terutama untuk mencegah kembali lonjakan kasus," sebutnya.

Pemerintah merilis hasil survei serologi nasional periode November hingga Desember 2021. Survei ini dilakukan oleh tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), didukung oleh Kemenkes dan Kemendagri.

Survei serologi ini bertujuan untuk mengestimasi proporsi orang di populasi yang mempunyai antibodi terhadap SARS-CoV-2 (COVID-19) berdasarkan kelompok umur, jenis kelamin, pernah terdiagnosis COVID-19 dan status vaksinasi.

Dengan kata lain, dasar dari penelitian ini mengukur untuk berapa banyak tingkat penduduk atau proporsi penduduk yang sudah mempunyai tingkat kekebalan.

Hasilnya, epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Iwan Ariawan menjelaskan bahwa secara umum 86,6 persen penduduk indonesia pada bulan November dan Desember 2021 memiliki antibodi terhadap COVID-19.

"Jadi ini angka yang besar. Meskipun memang memilii antibodi terhadap SARS-CoV-2, bukan berarti mereka ini tidak bisa terinfeksi," kata Iwan dalam tayangan Youtube Kementerian Kesehatan, Jumat, 18 Maret.

Artikel ini telah tayang dengan judul 86,6 Persen Warga RI Sudah Punya Antibodi COVID-19, Kemenkes: Bukan Berarti Aman dari Infeksi.

Selain informasi soal 86,6 persen warga RI punya antibodi COVID-19, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.