Adobe Bawa Photoshop dan Illustrator ke Versi Web, Apa Keunggulannya?
Adobe menghadirkan pengalaman baru untuk pengguna (foto: adobe)

Bagikan:

JAKARTA - Adobe menghadirkan pengalaman baru untuk pengguna, di mana Photoshop dan Illustrator bisa diakses melalui versi website.

Sebenarnya ini bukan seluruh rangkaian alat Photoshop dan Illustrator, tetapi aplikasi web memungkinkan pengguna membuka dokumen dan melakukan pengeditan dasar. Versi web ini juga memungkinkan pengguna mengomentari dan berbagi pekerjaan dengan kolaborator, mirip dengan yang diterapkan pada Google Docs.

Jika diberi izin oleh pemilik file, pengguna juga bisa masuk dan membuat beberapa perubahan mendasar juga. Meski demikian, aplikasi web Photoshop ini masih dalam versi beta, dan Illustrator di web adalah beta pribadi khusus undangan.

"Kami tidak menghadirkan semua fitur pada hari pertama, tetapi kami benar-benar ingin membuka semua pengeditan dasar yang paling baik dilakukan sekarang di browser dengan siapa pun yang bekerja dengan Anda,” ungkap chief product officer Adobe, Scott Belsky kepada The Verge, Selasa, 27 Oktober.

Sementara Belsky menggambarkan versi web Photoshop menawarkan pengeditan tingkat ringan yang bekerja dengan file PSD nyata. Fitur-fitur tersebut menjadi salah satu tema besar pengumuman Adobe ini, memudahkan orang untuk berkolaborasi di seluruh layanan Creative Cloud-nya.

Selain itu, Adobe telah membawa aplikasi manajemen Creative Cloud ke web. Dua fitur online baru yang dapat diakses dari antarmuka itu bergabung dengan versi web dari Creative Cloud Spaces dan Creative Cloud Canvas.

Sejumlah fitur baru lainnya juga akan hadir di Photoshop. Seperti alat pemilihan objek menjadi lebih kuat, menunjukkan dengan tepat apa yang dapat disorot secara otomatis saat pengguna mengarahkan kursor ke objek.

Ada juga filter neural baru yakni mixer lanskap yang memungkinkan pengguna me-remix pengeditan dengan pengaturan atau musim yang berbeda. Transfer warna baru dan filter harmonisasi juga memungkinkan pengguna menerapkan tampilan satu gambar atau lapisan ke gambar lapisan lainnya. Adobe juga mengatakan bahwa filter Depth Blur tahun lalu telah ditingkatkan untuk menciptakan latar belakang buram yang lebih alami.