Twitter Resmi Sematkan Fitur Topics ke Spaces, Bikin Pengguna Mudah Temukan Minat Mereka!
DOK Twitter

Bagikan:

JAKARTA - Setelah keberhasilannya dalam uji coba bulan lalu, Twitter kini resmi meluncurkan fitur Topics (topik) di Spaces, yang memungkinkan platform untuk menyoroti obrolan Spaces lebih relevan kepada pengguna, dan berpotensi memperluas jangkauan siaran audio.

Dengan menetapkan topik pembicaraan, maka admin room akan lebih mudah mendapatkan peserta dengan minat topik yang sama. Fitur ini pertama kali diumumkan pada Jumat lalu lewat akun @TwitterSpaces. Dijelaskan bahwa fitur ini baru hadir di Android, sedangkan iOS akan hadir dalam waktu dekat.

“Saat membuat atau menjadwalkan Spaces, beberapa dari Anda di Android dapat memilih hingga 3 Topik untuk diberi tag dari daftar 10 Topik teratas kami. Tapi itu hanya 10 Topik untuk saat ini dan kami akan memperluasnya saat kami membangun bersama. Hanya bahasa Inggris (juga untuk saat ini!), iOS segera,” tweet @TwitterSpaces.

Dikutip dari Social Media Today, Sabtu, 25 September, fitur topik akan muncul saat pengguna ingin membuat atau menjadwalkan Twitter Spaces. Saat membuat room, mereka dapat memilih tiga dari 10 topik yang tersedia di sana.

Topik ini meliputi Bisnis, Keuangan, Musik, Olahraga, Teknologi, Gim, Berita Dunia, Hiburan, Seni, Budaya, Rumah, Keluarga, dan Karier. Semua topik ini juga dapat dipilih pengguna untuk diikuti dan mendapatkan konten terkait di linimasa mereka.

Lalu algoritma Twitter akan membuat room Spaces mudah ditemukan oleh pengguna lain, yang memiliki minat sama dengan topik tersebut. Fitur ini tentu saja dapat memaksimalkan jangkauan Spaces, dengan menampilkan siaran yang sedang berlangsung kepada orang-orang berdasarkan topik yang mereka minati dalam aplikasi.

Bagaimana pun, fitur ini cukup penting karena selain Spaces bisa menjadi pilihan yang menarik saat ini, pengguna juga dimudahkan untuk mencari minat mereka. 

Menambahkan fitur Topics ke Spaces membuatnya semakin dekat dengan cara kerja Clubhouse, yang juga memiliki berbagai topik untuk dijelajahi dan klub di mana pengguna bisa bergabung berdasarkan topik tersebut.

Twitter terus memperbarui Spaces sejak mulai menguji akhir tahun lalu. Dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan juga mulai meluncurkan Ticketed Spaces dan menambahkan lebih banyak opsi untuk dapat ditemukan dan dimoderasi.

Sejujurnya, jika Twitter ingin memaksimalkan penggunaan sosial audio miliknya, dan meningkatkan keterlibatan melalui siaran Spaces, Twitter juga perlu menggaet selebritis atau tokoh publik lainnya, dan dengan demikian akan membantu meningkatkan jumlah pendengar, dan langganan berdasarkan konten Spaces.