Ciri-Ciri HP Yang Disadap dan Cara Mengatasinya, Wajib Waspada Saat Salah Satu Gejala Kerap Ditemui
Ciri-ciri HP disadap (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berkat teknologi, aktivitas sadap-menyadap bukanlah sesuatu yang ada di film saja. Kini, ponsel Anda juga bisa disadap oleh siapapun. Baik oleh peretas, pihak yang berwenang, hingga pacar atau mantan pacar. 

Apalagi jika Anda menggunakan ponsel yang sudah mengalami proses jailbreak atau root. Biasanya, ponsel ini akan lebih rentan terhadap penyadapan. Karena ada beberapa bagian keamanan bawaan yang hilang akibat proses tersebut. 

Ciri-Ciri HP Disadap

Lantas, bagaimana Anda bisa tahu jika ponsel disadap? Tenang, ada beberapa ciri-ciri HP yang disadap. Bisa Anda cek pada perangkat. Dan jika ponsel menunjukkan beberapa ciri-ciri di bawah, wajib segera reset pabrik perangkat. 

Baterai Jadi Lebih Boros

Biasanya, baterai ponsel jadi panas akibat kinerja perangkat yang berlebihan. Dan masalah ini umumnya dialami pada perangkat dengan kapasitas penyimpanan internal dan RAM yang terbilang kecil. Soalnya, source pada RAM masih kurang untuk menjalankan beberapa layanan atau aplikasi sekaligus. 

Maka, ketika RAM perangkat sudah terbilang besar tapi baterai HP cepat panas –harap waspada. Bisa jadi kondisi tersebut merupakan ciri dari adanya program penyadapan yang berjalan di latar belakang. 

Peningkatan Konsumsi Data Internet

Bukan bermaksud pelit, tapi mengecek konsumsi kuota data juga bisa menghemat biaya bulanan. Tak hanya itu, juga bisa membantumu mengidentifikasi keberadaan spyware. 

Memang, untuk mengetahuinya cukup sulit. Terutama jika perangkat senantiasa terhubung jaringan Wi-Fi.Baik di rumah, kantor, sekolah, atau tempat lainnya. Hanya saja, untuk memastikan, Anda bisa mencoba mematikan koneksi Wi-Fi. Kemudian, cek konsumsi data internet selama satu jam.

Jika Anda melihat jumlah data yang dikonsumsi kurang wajar, maka saatnya untuk menjalankan langkah penanggulangan. Bisa dengan menggunakan aplikasi antivirus, reset pabrik, masuk ke Save Mode, dan beberapa langkah lainnya.

Muncul Iklan dan Aplikasi yang Tak Diinginkan

Memang, kita bisa dengan mudah memasang aplikasi pada perangkat. Saking mudahnya, barangkali kita pun tak tahu berapa jumlah aplikasi yang sudah terpasang.

Padahal, mengetahuinya bukanlah hal yang sia-sia. Karena bisa membantu Anda untuk mengetahui keberadaan aplikasi spyware pada perangkat. Sehingga, saat ada aplikasi yang terpasang tanpa disadari, Anda pun bisa langsung menghapus lalu memindai perangkat menggunakan aplikasi antivirus. 

Di samping itu, program iklan juga seringkali berbahaya. Soalnya bisa dipakai untuk mengumpulkan data dan membuka backdoor yang bisa dieksploitasi oleh peretas. 

Nah, itulah beberapa ciri-ciri HP yang disadap. Semoga setelah membaca penjelasan di atas, bisa membantu untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan perangkat.