Cara Instal watcOS 8 versi Beta, Risiko Tanggung Sendiri Ya
Apple Watch dengan watchOS 8 (Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple sudah resmi merilis versi beta publik untuk iOS 15, iPadOS 15, watchOS 8, dan tvOS 15. Menurut laporan, tak lama lagi perusahaan juga bakal meluncurkan macOS Monterey.

Sebelumnya, tim VOI sudah rangkumkan daftar perangkat serta cara instal iOS 15 versi beta. Dan mengikuti tutorial tersebut, penulis sudah rangkumkan beberapa cara instal watchOS 8.

Siapa tahu, ada di antara pembaca yang tertarik memperbarui sistem operasi Apple Watch miliknya jadi versi terbaru. Banyak fitur anyar yang sudah ditanamkan perusahaan pada versi ini.

Diperkirakan, sesuai kebiasaan Apple setiap tahunnya, versi penuh watchOS 8 bakal diluncurkan musim panas tahun ini. Perangkat yang mendukung versi sistem operasi terbaru ini antara lain Apple Watch Series 3, Series 4, Series 5, Series 6, dan model SE Apple Watch.

Beberapa fitur anyar yang diketahui sudah ditanamkan perusahaan meliputi aplikasi kebugaran, aplikasi mindfullness, watchface yang bisa bekerja dengan foto Mode Potret dan bisa diambil dari iPhone, serta peningkatan layanan cuaca dan aplikasi rumah pintar.

Nah, sebelum Anda mulai memasang versi beta watchOS 8, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan. Antara lain:

1. Seperti namanya, software versi beta biasanya sering bermasalah. Tak jarang, Anda juga bisa menghadapi masalah yang muncul terkait aplikasi pihak ketiga. Beberapa bug yang mungkin terjadi termasuk performa yang kurang memuaskan, baterai boros, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, untuk uji coba, disarankan agar memasang versi ini pada Apple Watch cadangan –jika memilikinya.

2. Tak seperti iOS dan iPadOS versi beta, tak ada cara untuk mengembalikan watchOS 8 yang sudah terpasang ke versi sebelumnya. Jadi, jika performa Apple Watch malah buruk dan tidak sesuai harapan, terpaksa kamu harus sabar menghadapinya hingga perusahaan merilis versi stabil.

Nah, untuk pembaca yang tidak takut dan merasa tertantang, tim VOI sudah rangkumkan dari berbagai sumber cara memasang watchOS 8 pada Apple Watch milikmu.

  1. Sebelum Anda memasang watchOS 8 beta, iPhone yang dipakai harus sudah menjalankan iOS 15 beta. Ikuti
  2. Buka halaman software beta Apple dari Safari pada iPhone milik Anda
  3. Login menggunakan Apple ID
  4. Usap layar lalu ketuk tautan Get Started
  5. Ketuk menu watchOS 8 yang terletak di bagian atas
  6. Pilih enroll your Apple Watch pada bagian Get Started yang terletak di dalam menu watchOS 8
  7. Usap layar ke bawah lalu ketuk tombol Download Profile, kemudian ketuk menu Allow pada jendela pemberitahuan yang muncul
  8. Pasang profil beta pada aplikasi Watch yang terdapat di iPhone. Setelah itu, profil beta bakal otomatis terbuka saat selesai diunduh
  9. Kemudian Anda akan diminta untuk memulai ulang Apple Watch. Ketuk tombol Allow agar perintah bisa dijalankan
  10. Begitu Apple Watch selesai reboot, buka aplikasi Watch, ketuk General, lalu ketuk Software Update
  11. Di dalam menu ini, seharusnya Anda akan melihat watchOS 8 beta yang siap dipasang pada Apple Watch. Ketuk Install untuk melanjutkan proses
  12. Software pun bakal diunduh pada ponsel, kemudian dikirimkan ke Watch. Selesaikan proses pemasangan; baiknya hubungkan Apple Watch dengan kabel isi ulang, letakkan jam tangan pintar Apple ini di sekitar iPhone, hubungkan dengan Wi-Fi, serta pastikan daya baterai terisi 50 persen atau lebih. Jika kriteria di atas belum dipenuh, maka proses pemasangan bakal ditunda.

Begitu software watchOS 8 beta selesai dipasang, maka smartwatch Apple milik Anda akan memulai ulang secara otomatis. Saat perangkat hidup kembali, maka watchOS 8 sudah siap dipakai.