Pemantauan LAPAN Lebaran akan Jatuh pada Kamis 13 Mei
Ilustrasi-Pemantauan Hilal (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Lebaran sebentar lagi, Idulfitri pun diperkirakan akan jatuh pada Kamis, 13 Mei. Pemerintah pun bersiap untuk menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1442 Hijriah. 

Salah satu tahapan yang diperhatikan adalah terlihatnya hilal atau posisi bulan. Namun berdasarkan pemantauan Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), hilal masih belum terlihat pada sore hari ini. 

"Saat maghrib (Selasa hari ini) mustahil hilal terlihat, karena bulan sedang terbenam atau (berada di) ketinggian minus," kata Thomas dalam pesan singkatnya kepada VOI, Selasa 11 Mei.

Thomas juga menihilkan kemungkinan hilal akan terjadi pada sore hari nanti. Sebab, saksi yang mengaku melihat juga akan ditolak hakim agama dan sidang isbat.

Dengan demikian, Bulan Ramadan akan digenapkan menjadi 30 hari. Menurut Thomas, Idulfitri akan ditetapkan pada Kamis, 13 Mei 2021

"Jadi pasti Ramadan 30 hari, Idulfitri (jatuh pada) 13 Mei," imbuh Thomas.

Sidang Isbat

Perlu diketahui, pemerintah akan menggelar sidang isbat pada sore nanti. Sidang akan diawali paparan secara terbuka mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi (falak) oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama. 

Setelah itu peserta sidang akan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal. Hasil sidang isbat nantinya akan diumumkan oleh Menteri Agama bersama pihak terkait.

Kemenag dalam menetapkan 1 Syawal 1442 H memadukan dua metode, yakni melalui perhitungan astronomi (hisab) untuk menentukan posisi pasti hilal. Kemudian akan didapatkan prakiraan letak bulan baru dan dikonfirmasi dengan melihat hilal secara langsung (rukyat).

Metode tersebut memiliki simulasi apabila bulan baru terlihat beberapa saat setelah magrib tiba (qobla ghurub) maka pada sore ini ditetapkan sudah memasuki 1 Syawal 1442 H. Artinya, masyarakat Indonesia akan merayakan Lebaran pada Rabu 12 Mei.

Sebaliknya apabila hilal tidak terlihat atau tak disaksikan para perukyat, Selasa petang masih ditetapkan sebagai malam 30 Ramadan. Sementara itu, 1 Syawal akan jatuh pada Kamis 13 Mei.

Sebelumnya, ormas Islam Muhammadiyah secara resmi menetapkan Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah pada Kamis, 13 Mei 2021. Ketetapan itu dituangkan dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah.