Wow! Elon Musk Ingin Membuat Kota Bernama Starbase
CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk (Twitter @ElonMusk)

Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk akan menciptakan sebuah kota baru di sekitar fasilitas peluncuran roket SpaceX di Texas. Orang terkaya di dunia itu mengumumkan niatnya tersebut lewat akun media sosialnya di Twitter.

“Membuat kota Starbase, Texas,” tulis Musk di akun Twitternya, Rabu, 3 Maret.

Melansir Business Insider, kawasana fasilitas SpaceX Texas berlokasi di Boca Chica Village, sebuah kota kecil yang berada di dekat Brownsville. Perusahaan sudah mengembangkan roket Starship dan menguji coba beberapa prototype-nya sejak tahun 2014.

Creating the city of Starbase, Texas

— Elon Musk (@elonmusk) March 2, 2021

Namun, bos SpaceX dan Tesla itu mengatakan bahwa kota Starbase ini akan memiliki “wilayah yang lebih luas” dari Boca Chica.

Kantor Kejaksaan di Cameron County, Boca Chica, mengonfirmasi rencana Musk untuk membuat sebuah kota sebagaimana yang dilansir dari Business Insider.

“Dalam beberapa hari terakhir, Cameron County secara resmi didekati oleh pihak SpaceX terkait minat Elon Musk yang ingin memasukkan Desa Boca Chica ke Kota Starbase, Texas. Hari ini, Pengadilan Komisaris Cameron County telah dikabari upaya SpaceX tersebut,” ujar pihak Kantor Kejaksaan Cameron County dalam sebuah pernyataan.  

Meskipun demikian, kota Starbase belum ada. Otoritas setempat memperingatkan bahwa Musk harus mengajukan permintaan formal sebelum proses penggabungan dimulai.

“Jika SpaceX dan Elon Musk ingin menempuh jalan ini, mereka harus menaati undang-undang pendirian negara bagian,” kata Eddie Treviño, Jr. selaku Hakim Cameron County. “Cameron County akan memproses petisi yang sesuai dengan hukum yang berlaku.”

Namun, sampai saat ini SpaceX belum memberikan informasi yang lebih detail terkait rencana tersebut.

Perusahaan sedang mengembangkan sistem peluncuran baru, yaitu Starship-Super Heavy. Ini akan digunakan untuk keperluan mengirim awak ke bulan dan Mars.

Elon Musk ingin roket tersebut mempunyai ukuran setinggi 120 meter dan bersifat reusable atau bisa digunakan kembali dengan cepat. Sistem ini juga memungkinkan perusahaan untuk memindahkan manusia dari satu titik bumi ke titik lain dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Boca Chica tidak memiliki pengairan publik, meski punya sistem listrik. Berdasarkan bocoran dari draft dokumen FAA pada Januari lalu, SpaceX kemungkinan berencana mengebor lima sumur gas alam dan membangun pembangkit listrik berbahan bakar gas di fasilitas Boca Chica.