Mulai Agustus 2023. Google Bakal Hentikan Dukungan untuk OS Android KitKat
Google baru saja mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi mendukung Sistem Operasi (OS) lawasnya, Android 4.4 KitKat. (foto: dok. istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Google baru saja mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi mendukung Sistem Operasi (OS) lawasnya, Android 4.4 KitKat.

Aturan itu mulai berlaku pada Agustus 2023. Android KitKat diluncurkan pada Oktober 2013, dan akan mulai kehilangan dukungannya sebelum ulang tahunnya yang ke-10.

"Platform Android KitKat (KK) pertama kali dirilis ~10 tahun yang lalu dan sejak saat itu, kami telah memperkenalkan banyak peningkatan dan fitur inovatif untuk Android, yang tidak tersedia di KK," ujar Google dalam pengumumannya, dikutip Selasa, 25 Juli.

Namun, perusahaan mengatakan jumlah perangkat aktif di Android KitKat terus menurun, bahkan bulan ini berada di bawah satu persen secara global. Persentase itu tampaknya cukup rendah bagi Google untuk akhirnya menyerah.

"Mulai Juli 2023, jumlah perangkat aktif di KK di bawah 1% karena semakin banyak pengguna yang memperbarui ke versi Android terbaru," jelas Google.

Karenanya, Google tidak lagi mendukung Android KitKat dalam rilis layanan Google Play mendatang. Perangkat yang menjalankan OS tersebut tidak akan lagi menerima versi APK Layanan Play setelah 23.30.99.

Google terakhir kali diketahui mengakhiri dukungan untuk Android versi lama seperti Jelly Bean pada 2021. OS tersebut diluncurkan pada 2012 setahun sebelum KitKat. Serupa dengan kasus KitKat, perangkat aktif di Jelly Bean juga turun di bawah satu persen sebelum dukungan dihentikan.